Meski Pahit, Ternyata Pare Bagus Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Ternyata Pare Bagus Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Pare atau Peria adalah tumbuhan merambat berasal dari wilayah Asia Tropis, di Indonesia sendiri sangat mudah untuk mendapatkan sayuran Pare ini bisa kita temukan di pasar tradisional bahkan pasar modern dan juga banyak disajikan sebagai salah satu menu di sebuah rumah makan atau juga warteg.

Meski mudah untuk ditemukan, tapi juga tak banyak yang suka mungkin dikeranakan rasanya yang cenderung pahit. Tetapi setiap sayuran dan buahan itu memiliki sebuah khasiat, seperti halnya Pare yang juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan bagi tubuh Anda.

[ Baca Juga: 7 Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui ]

Yuk simak 9 manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan tubuh:

1. Kontrol gula darah dan cegah diabetes

Pare mengandung kinase yang sangat baik untuk mengontrol gula darah dan juga bisa mengendalikan diabetes. Bahkan di negara China dan India, pare dijadikan sebagai ramuan diabetes bagi pengobatan kuno.

2. Mengjaga kesehatan mata

Pare yang mengandung flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein dan zeathaxin yang mampu meningkatkan kesehatan mata Anda serta memperlambat degenerasi makula.

3. Kaya vitamin k

Vitamin K berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang kita dan berperan dalam pembekuan darah dan merupakan anti-radang. 

4. Meningkatkan fungsi pencernaan

Pare kaya akan serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu pencernaan dan gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan. Sehingga baik bagi kesehatan pencernaan dan juga mencegah sembelit.

5. Menghilangkan flek hitam dan jerawat

Pare berguna membersihkan darah dan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh gangguan saluran peredaran darah. Misalnya seperti bisul, kudis, gatal dan penyakit akibat jamur karena pare mengandung senyawa antifungsi dan antibakteri. Pada pengobatan tradisional di China, pare digunakan untuk pengobatan maslaah kulit.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pare yang mengandung antioksidan salah satunya vitamin c, sehingga antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa lain yang membahayakan bagi kekebalan tubuh.

7. Meredakan asma

Sifat antihistamin, antiinflamasi dan antivirus yang ada di Pare membuatnya menjadi makanan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

8. Menjaga kesehatan jantung

Pare bisa mengontrol kada gula dalam tubuh sehingga akan membuat jantung jadi lebih sehat. Jika Anda memiliki catatan kesehatan jantung, cobalah konsumsi pare secara rutin.

9. Membersihkan batu ginjal

Pare bisa membantu membersihkan tubuh dari batu ginjal, karena pare mengurangi tingginya asam, penghasil batu ginjal dari dalam tubuh. (Berbagai Sumber).

Tags: Info Kesehatan, Manfaat Pare, Sehat

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share