Akhirnya Black Box Lion Air JT-610 Ditemukan, Ternyata Ini Fungsi dan Manfaatnya

Ternyata ini fungsi dan manfaat dari kotak hitam pesawat terbang

Kita tahu beberapa hari lalu Indonesia di dera berita duka dari jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 yang mengalami kecelakan di perairan Karawang, Jawa Barat. Pesawat Lion Air JT-610 tujuan Cengkareng-Pangkalpinang hilang kontak pada Senin (29/10/2018) pagi. Semua pihak turun tangan untuk melakukan evakuasi dan penemuan bangkai pesawat beserta kotak hitam.

Semua pihak menunggu kabar terbaru tentang bagaimana bisa terjadi kecelakaan tersebut. Dan kemarin, Kamis (1/11) ada titik terang, telah ditemukan black box atau kotak hitam oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelam TNI AL, di kedalaman 30 meter sekitar pukul 10.00 WIB. Kotak hitam tersebut sudah dibawa oleh Kapal Riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Dalam sebuah kecelakaan pesawat ternyata black box atau kotak hitam merupakan benda yang sangat penting, seberapa penting kah kotak hitam tersebut, apakah kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi saat kecelakaan atau sebelum kecelakaan tersebut. Nah kita bakal bahas apa sih fungsi dan manfaat dari si kotak hitam.

Warna Kotak Hitam

Ternyata black box atau kotak hitam sendiri bukanlah berwarna hitam, tetapi berwarna oranye, warna oranye sengaja dipilih untuk membedakan antar komponen elektronik yang ada di pesawat. 

Ternyata ini fungsi dan manfaat dari kotak hitam pesawat terbang
Penampakan Black Box pesawat Lion Air JT-610 yang ditemukan pada Kamis (1/11/2018). Foto: Kompas.com

Dilansir dari liputan6.com, Ony Soeryo Wibowo selaku Investigator KNKT mengatakan, ” Semua komponen elektronik di pesawat disebut black box dan berwarna hitam. Nah untuk membedakan mana FDR (Flight Data Recorder) dan CVR (Cockpit Voice Recorder), maka kotak tersebut berwarna oranye”.

Ony menambahkan bahwa penamaan black box atau kotak hitam karena identik dengan gelap dan diasosiasikan pada sebuah misteri. Oleh karena itu, FDR dan CVR disebut sebagai kotak hitam karena untuk merepresentasikan misteri dari sebuah kecelakaan pesawat. 

[Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan agar Selamat Saat Naik Pesawat ]

Fungsi Kotak Hitam

Black box atau kotak hitam merupakan komponen atau bagian sangat penting dari pesawat untuk menetukan penyebab sebuah kecelakaan pesawat terbang. Fungsi dari kotak hitam ini adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) bandara dan mengetahui tekanan udara serta kondisi cuaca selama penerbangan.

Letak Kotak Hitam

Kecelakaan pesawat bisa saja terjadi dan tak dapat ditentukan, bisa di laut atau bisa di daratan. FDR dan CVR diletakkan pada bagian ekor pesawat, kenapa di ekor pesawat karena untuk menghindari kerusakaan parah saat terjadinya benturan, kalau di ekor kemungkinan terkena benturannya sangat kecil.

Butuh Waktu 

Meskipun kotak hitam sudah ditemukan, tapi untuk menyimpulkan hasil akhir dari investigasi sebuah kecelakaan pesawat bukanlah perkara mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Cepat atau lamanya tergantung dari kerusakaan si black box. Bila kotak hitam rusak seperti kabel-kabel terbakar di dalamnya, maka penyelidik  (pihak KNKT) akan membawa kotak tersebut ke negara dimana benda tersebut di buat, kemudian disana kabel-kabel diganti dan kemudian rekaman pada FDR dan CVR bisa diunduh.

Semoga penanganan berjalan dengan baik dan cepat diungkap bagaimana terjadinya kecelakaan tersebut, untuk yang ingin bepergian naik pesawat tetap patuhi peraturan saat berada di pesawat, karena keselamatan itu yang lebih penting.

 

 

Tag: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares