Ternyata Fobia dan Rasa Takut Itu Berbeda, Berikut Penjelasannya

ternyata fobia dan rasa takut itu berbeda ini penjelasannya

Selama ini kebanyakan orang menganggap bahwa fobia dan rasa takut itu sama. Padahal, keduanya berbeda. Bagaimana cara menanggapi dan merespon rasa takut menjadi salah satu perbedaan yang sangat terlihat diantara fobia dengan rasa takut biasa.

Adapun salah satu perbedaan rasa takut dan fobia yaitu respons yang muncul ketika berhadapan dengan objek yang ditakuti. Misalnya, kamu takut dengan air karena sebelumnya pernah tenggelam, tapi ada juga yang tidak.

[ Baca Juga: Karena Kelainan Otot, Gadis Pakistan Ini Hidup Dengan Leher yang Bengkok ]

Atau seperti seseorang yang takut dengan cicak lantaran orang disekitarnya juga takut cicak. Nah, rasa takut ini muncul karena pengalaman pribadi.

Orang dengan rasa takut juga kondisi psikisnya tidak terlalu terpengaruh dan mereka biasanya bisa mengatasi rasa takutnya.

Orang yang menderita fobia biasanya akan mengalami rasa cemas yang berlebihan saat berhadapan dengan objek yang membuatnya jadi fobia. Selain mempengaruhi kondisi psikis, kondisi tersebut juga akan berpengaruh ke fisiknya.

Misalnya, kamu takut dengan kecoak dan mungkin kamu merasa jijik melihatnya. Orang fobia biasanya akan merespon dengan menunjukkan ekspresi jijik, detak jantungnya jadi tak beraturan, hingga mengganggu aktivitas.

Tags: Info Kesehatan, Psikologi, Rasa Takut

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares