Terinspirasi Film Terminator, China Kembangkan Robot Dari Logam Cair

Terinspirasi Film Terminator, China Kembangkan Robot Dari Logam Cair

Film Terminator yang dibintangi oleh aktor senior Hollywood, Arnold Schwarzenegger memang terbilang sukses, bisa dilihat dari sekuel-sekuel filmnya yang selalu ramai penonton.

Nah, ternyata para ilmuan di China sedang mengembangkan tipe robot baru dari logam cair yang terinspirasi T-1000, robot android dalam film Terminator yang bisa berubah wujud dan bisa memperbaiki dirinya sendiri. 

Dilansir dari suara.com, robot ini masih sangat sederhana, besarnya setara dengan telapak tangan orang dewasa. Terdiri dari sebuah roda plastik, sebuah baterai lithium dan setetes logam cair.

Roda robot akan berputar ketika titik pusat gravitasi logam cair di atasnya berubah. Perubahan titik pusat gravitasi logam itu sendiri di picu oleh perubahan voltasi listrik dari baterai. 

Dilansir dari South China Morning Post, Li Xiangpeng, pakar ilmu robot pada Univeristas Soochow, Suzhou, China mengatakan “Kami terinspirasi oleh T-1000 dari film Terminator 2: Judgment Day” 

Tim Perancang 

Ia juga merancang purwarupa robot logam cair itu bersama dengan Zhang Shiwu dari Universitas Sains dan Teknologi China serta para peneliti dari Universitas Wollongong, Australia. Riset mereka soal robot dari logam cair itu diterbitkan dalam jurnal Advanced Materials pada pekan lalu.

Tang Shiyang dari Universitas Wollongong mengungkapkan bahwa, di masa depan, kami ingin mengembangkan robot lembut (soft robot) yang dibekali dengan logam cair, yang bisa ditugaskan dalam misi-misi khusus seperti pencarian dan penyelamatan korban gempa, karena mereka (robot) bisa merubah bentuk sehingga bisa masuk ke tempat-tempat yang sulit di jangkau oleh manusia.

Ternyata para peneliti mulai mengembangkan robot dari logam cair itu sekitar 6 tahun yang lalu, ketika para pakar material menemukan sifat-sifat unik pada campuran logam cair. Sifat-sifat itu diantaranya adalah mampu mengantar listrik, permukaannya bisa dikendalikan dan sangat fleksibel.

sumber: suara.com & south china morning post

 

Tags: Robot, SUpayaKItaTAhu, Teknologi, Unik

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share