Tahukah Kamu, Inggris Punya Menteri Urusan Kesepian

Tahukah Kamu, Inggris Punya Menteri Urusan Kesepian

Ternyata ada jabatan menteri yang cukup unik di Inggris, yaitu menteri urusan kesepian. Menteri ini bertugas untuk menangani masalah kesehatan mental yang terjadi di Inggris.

Kesepian dianggap jadi masalah kesehatan mental terbesar di Inggris. Menurut survei, satu dari 5 orang menderita kesepian setiap harinya. Hal ini pun tak bisa dianggap remeh karena bisa berdampak pada kesehatan fisik, seperti serangan jantung, stroke, dan Alzheimer.

[ Baca Juga: Santai! Sambil Nunggu Lampu Merah, Pemotor Ini Malah Kerokan ]

Itu sebabnya di tahun 2018 perdana menteri Inggris yang saat itu dijabat Theresa May menunjuk Tracey Crouch sebagai menteri urusan kesepian.

Program kerjanya meliputi memasukkan isu kesepian dalam keputusan kebijakan, membahas isu kesepian di sekolah dasar dan menengah agar anak-anak bisa memahami pentingnya hubungan sosial, dan mendukung sukarelawan untuk mendampingi pengidap penyakit menahun agar mereka tidak merasa berjuang sendirian.

Palang Merah Inggris juga menyebutkan bahwa rasa kesepian dan terisolasi yang mempengaruhi banyak orang dari semua usia. Rasa kesepian dan terisolasi muncul saat momen-momen tertentu dari hidup masing-masing orang, seperti saat pensiun, kehilangan sahabat dan juga kekasih.

Penunjukkan menteri urusan kesepian ini hasil dari tindaklanjut rekomendasi dari komisi khusus untuk mengenang Jo Cox, anggota parlemen Inggris yang tewas dibunuh ekstremis sayap kanan pada tahun 2016 silam.

Tags: Ada Aja, Inggris, Menteri

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares