Tanggal Lahir Ki Hadjar Dewantara Jadi Hari Pendidikan Nasional, Ini Alasannya

Sejarah Penetapan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei

Tepat tanggal 2 Mei kita memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas, dimana pendidikan merupakan bagian penting bagi Sumber Daya Manusia Indonesia.

Tanggal 2 Mei sendiri ditetapkan menjadi Hardiknas yang diambil dari tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara, tokoh pendidikan Indonesia.

Ki Hadjar Dewantara sendiri lahir dari keluarga kaya Indonesia, namun tetap perduli dengan orang miskin. Bisa dilihat ketika Ki Hadjar Dewantara menentang kebijakan pendidikan Belanda yang memperbolehkan anak-anak Belanda dan orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

[ Baca Juga: Koma Selama 27 Tahun, Perempuan Arab Ini Akhirnya Sadar ]

Karena hal tersebut, Ki Hadjar Dewantara diasingkan ke Belanda oleh pemerintah kolonial saat itu. Sekembalinya ke tanah air, Ki Hadjar Dewantara mendirikan lembaga pendidikan bernama Taman Siswa.

Pada masa setelah kemerdekaan, Ki Hadjar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan Indonesia.

Filosofi “Tut Wuri Handayani” (dibelakang memberi dorongan) digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia hingga saat ini.

Ki Hadjar Dewantara meninggal pada tanggal 26 April 1959, untuk menghormati jasa-jasa beliau di dunia pendidikan, pemerintah Indonesia saat itu lewat Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 menetapkan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Tags: #Hardiknas, Hari Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara, Pendiikan

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares