Sebelum Indonesia, 7 Negara Ini Sudah Pindahkan Ibu Kotanya

Sebelum Indonesia 7 Negara ini Sudah Pindahkan Ibu Kotanya

Perihal pemindahan Ibu Kota baru Indonesia sudah terdengar sejak awal tahun 2019. Banyak para ahli mengatakan bahwa Ibu Kota Indonesia akan pindah ke Pulau Kalimantan.

Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bapenas), Bambang Brodjonegoro mengonfirmasi bahwa pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo, mengutip Kompas.com.

[ Baca Juga: Penerbangan Tercepat di Dunia Ada di Indonesia, Cuma Semenit ]

Tapi ternyata tak hanya negara Indonesia yang akan memindahkan Ibu Kotanya, bahkan ada 7 negara yang sudah memindahkan Ibu Kotanya. Negara mana saja, yuk simak dibawah ini.

7 negara yang sudah pindahkan Ibu kotanya:

1.Jepang

Tokyo

Pada masa kekaisaran, Ibu Kota Jepang adalah Kyoto. Sampai kemudian pada abad ke-19 keluarga kekaisaran berpindah ke Edo (Tokyo). Dan kamu Oligarki juga mendukung perpindahan Ibu Kota tersebut atas pertimbangan dagang dan koneksi dari dunia Barat.

2. Malaysia

Putrajaya

Pada tahun 1997, Kuala Lumpur mengalami masalah tak jauh dari DKI Jakarta sehingga pemerintah setempat memindahkan Ibu Kotanya ke Putrajaya.

3. Brasil

Brasilia

Pada tahun 1960 Ibu Kota Brasil dipindahkan dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Alasan utamanya adalah untuk mengembangkan wilayah pedesaan yang terbelakang, menstimulasi penyebaran penduduk dan pendapatan.

4. Kazakhstan

Astana

Sebelumnya Ibu Kota Kazakhstan adalah Almaty, namun Desember 1997 pemerintah memindahkan Ibu Kotanya ke Kota Astana. Alasannya karena kota Almaty sudah tidak bisa dikembangkan lagi dan juga rentan terhadap gempa.

5. Tanzania

Dar es Salaam

Keputusan pemindahan terjadi pada tahun 1970-an, Ibu Kota Tanzania pindah dari Dodoma ke Dar es Salaam. Alasannya karena di kota Dodoma tidak ada perkembangan yang berarti.

6. Myanmar

Naypyidaw

Pemindahan Ibu Kota Myanmar dari Yangoon ke Naypyidaw pada November 2005 disebut-sebut peristiwa unik dalam sejarah karena tak ada penjelasan sama sekali mengapa Ibu Kota harus dipindah.

7. Nigeria

Abuja

Sebelum Abuja, Ibu Kota Nigeria adalah Lagos. Pada tahun 1991 pemerintah memutuskan pemindahan Ibu Kotanya, karena dipengaruhi oleh padatnya populasi di Lagos.

Tags: Brasil, DKI Jakarta, Ibu Kota, Indonesia, Kalimantan, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares