Keren dan Kreatif, Perusahaan Ini Buat Speaker dari Limbah Plastik

Banyaknya pemakaian plastik dan limbah plastik yang kian hari kian menumpuk, menjadikan permasalahan hampir disetiap negara, bahkan dampak limbah plastik ini sangat mencemaskan yang berdampak kepada keberlangsungan makhluk hidup.

Bahkan ada beberapa negara yang mengatur tentang pemakaian bahan plastik bagi warganya, dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat. Namun ada juga yang mencoba mencari solusi untuk me’manage’ sampah-sampah plastik tersebut untuk menjadi sebuah barang yang berguna.

Salah satunya ada sebuah perusahaan asal Inggris yang belum lama ini menciptakan sebuah speaker dari limbah plastik. Gomi, perusahaan desain yang terletak di Brighton, Inggris ini berhasil menciptakan sebuah speaker bluetooth portable yang dibuat dari Low Density Polyethylene (LDPE). Biasanya bahan Low Density Polyethylene (LDPE) dipakai sebagai bahan untuk membungkus makanan dan bersifat fleksibel.

[ Baca Juga: Kursi Gaming Seharga Mobil, Acer Luncurkan Predator Thronos dan Resmi Dijual di Indonesia ]

Dilansir dari Newsatlas, sifat plastik LDPE pada dasarnya tidak mudah untuk didaur ulang sehingg perlu ide cemerlang untuk memanfaatkannya menjadi desain yang inovatif dan berharga.

Untuk membuat speaker portable ini, Gomi membutuhkan tiga modul yang setiap modulnya menggunakan 100 kantong plastik yang dilebur, dikompresi, dan dicetak.

Perusahaan Ini Buat Speaker dari Limbah Plastik yang Keren

Ukuran dan Fitur

Speaker karya Gomi yang berbahan limbah plastik ini memiliki ukuran 138 x 270 x 80 mm yang sudah dilengkapi dengan Bluetooth 4.0 serta dilengkapi dengan baterai Li-Ion 20.000 mAh.

Dengan kapasitas baterai yang mumpuni, speaker ini bisa memutarkan lagu selama 18 jam, selain itu speaker ini dilengkapi dengan port USB-C dengan pengisian daya menggunakan USB 3.0.

Harga Speaker

Untuk mendapatkan speaker dari limbah plastik yang keren ini, Gomi mematok harga berkisar 260 US dolar atau sekitar Rp 3,7 juta dan kabarnya speaker ini akan dijual pada bulan November 2019 mendatang.

Sebenarnya tujuan Gomi, menciptakan speaker berbahan limbah plastik ini adalah untuk mencegah penimbunan dan pembakaran pada limbah plastik.

 

Sumber: HiTekno

Tags: Olah Sampah, Sampah, Speaker, Teknologi, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 shares