Pernah Dengar Deep Web dan Dark Web. Ini Perbedaannya

Pernah Dengar Deep Web dan Dark Web. Ini Perbedaannya

Mungkin sebagian dari kamu belum pernah dengar namanya ‘Deep Web’ ataupun ‘Dark Web’. Kebanyakan orang awam tahunya mesin pencari adalah mbak Google.

Jadi apa sih sebenarnya Deep Web dan Dark Web tersebut. Dan apa sih yang jadi perbedaannya, terus bahaya tidak masuk ke Deep Web ataupun Dark Web?

Yuk simak penjelasannya dibawah ini:

Deep Web

Deep Web ini berisi kumpulan konten dari website-website yang tidak ter-index atau tidak tampil pada mesin pencari biasa, seperti Google, Bing, Yahoo. Secara umum tidak bisa diakses bagi sebagian orang tapi masih bisa diakses menggunakan sebuah tools.

[ Baca Juga: Eksperimen Sosial: Jabat Tangan Jika Pilihan Politik Berbeda, Biar Pemilu Tetap Adem ]

Untuk mengakses website-website di dalam Deep Web yang berisi berbagai informasi tersebut diakses dengan jaringan internet tetapi berada di belakang firewall. Oleh karena itu, Deep Web tidak bisa diakses secara umum dan membutuhkan protokol khusus untuk masuk ke dalamnya.

Dark Web

Dark Web merupakan bagian dari Deep Web, namun didalamnya kamu akan lebih banyak menemukan hal-hal aneh, seperti situs jual beli narkoba, video pembantaian, pembunuh bayaran, penipuan, pornografi, ada juga berisi tentang komunitas sosial rahasia, grup hacker dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengakses Dark Web kamu tidak bisa menggunakan Google, tapi dengan browser bernama TOR Browser. Tapi untuk mengakses TOR Browser sebaiknya jangan menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows, karena sangat rentan terhadap sistem keamanannya.

Perbedaan Deep Web dan Dark Web

Yang menjadi perbedaan paling signifikan antara Deep Web dan Dark Web adalah informasi-informasi pada situs yang ada di dalamnya. Deep Web konten-kontennya tidak semua berbahaya atau ilegal, sedangkan Dark Web berisi hal-hal negatif dan ilegal.

Apakah Aman Akses Deep Web dan Dark Web?

Tentu saja tidak, apalagi untuk orang-orang yang tidak mengenal dunia hacker karena disini data-data dan informasi kamu sangat mudah untuk diambil saat kamu mengakses Deep Web dan juga Dark Web.

Contoh situs di Dark Web

Silk Road – Situs Penjualan Narkoba

C’thulhu – Situs Pembunuh Bayaran

Euroarms – Situs Penjualan Senjata Api

Tags: Dark Web, Deep Web, TOR Browser

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares