Maneki Neko, Patung Kucing Pembawa Keberuntungan Bagi Rakyat Jepang

Patung Kucing Pembawa Keberuntungan Bagi Rakyat Jepang

Setiap negera memiliki mitos dan kepercayaannya masing-masing dalam berbagai hal. Seperti dalam menolak balak/bahaya, dan juga dalam hal pembawa keberuntungan.

Pada masyarakat Jepang, patung kucing yang biasa di pajang dalam etalase toko yang biasa dikenal Maneki Neko, adalah patung kucing yang dianggap pembawa keberuntungan.

[ Baca Juga: Tukar Nyawa Anak Demi Datangkan Hujan: Ritual Mistis Suku Aztec ]

Maneki Neko sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti kucing pemanggil. Oleh karena itu, masyarakat Jepang percaya bahwa Maneki Neko sebagai kucing pemanggil keberuntungan atau kucing pembawa keberutungan.

Awal Cerita

Awalnya kepercayaan ini bermula pada awal abad ke-18, Ii Naotaka seorang yang kaya raya sedang melakukan perjalanan. Ditengah perjalanan, ia pun terjebak badai dan berlindung dibawah pohon dan melihat seekor kucing saat berteduh.

Kucing tersebut berada di kuil Gotokuji dan kelihatan tangannya seperti melambai kearahnya seolah menyuruhnya masuk ke dalam kuil tersebut. Naotaka kemudian mendatangi kuil tersebut, tak lama pohon yang ia tempati untuk berteduh disambar petir. Karenanya, Naotaka berterima kasih kepada kucing tersebut karena sudah menyelamatkan nyawanya dari sambaran petir.

Tak lama setelah kejadian tersebut, kucing penyelamat Naotaka tersebut mati. Untuk menghormati jasa si kucing, Naotaka membuatkan patung Maneki Neko yang pertama di Kuil Gotokuji.

Kisah tersebut tersebar ke seluruh Jepang, hingga banyak orang berkunjung ke Kuil Gotokuji. Untuk yang percaya permintaannya dikabulkan akan meletakkan Maneki Neko saat berkunjung ke sana.

Tags: Jepang, Maneki Neko, Mitos, Mitos atau Fakta

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares