Keren, Lift Kaca Tertinggi Ada di China Hingga Mencapai 300 Meter

Lift Kaca Tertinggi Ada di China Hingga Mencapai 300 Meter

Kalau kita berkunjung ke mall ataupun di hotel dan juga perkantoran, lift sangat dibutuhkan untuk mencapai ke suatu lantai di gedung tersebut. Tapi seberapa tinggi lantai yang pernah kamu capai menggunakan lift? Pada umumnya lift juga digunakan di dalam gedung, apa jadinya bila lift digunakan di tebing tinggi dan curam?

Lokasi dan Tinggi Bailong Elevator

Nah, di China tepatnya di daerah pegunungan Zhangjiajie, Provinsi Hunan, Tiongkok terdapat lift tertinggi di dunia, tak tanggung-tanggung tingginya mencapai hingga 1.070 kaki atau sekitar 330 meter. Lift tertinggi di dunia ini diberi nama The Bailong Elevator atau Lift Bailong. 

 

Lift yang terbuat dari kaca tersebut juga diberi nama oleh masyarakat sekitar dengan nama Hundred Dragons Elevatoro yang mampu menampilkan pemandangan indah dari ketinggian 330 meter. Lift keren ini bisa memuat beban hingga 4.900 kilogram atau sekitar 48 orang sekaligus dan hanya membutuhkan waktu 2 menit saja untuk bisa mencapai puncak tebing.

 

Bailong Elevator berada dan dikelilingi oleh 3.000 tebing yang terbentuk dari bebatuan pasir yang menjulang tinggi hingga 200 meter. Ribuan tebing tersebut terletak di antara jurang, ngarai, sungai dan air terjun, bak negeri dongeng saja ya. Tidak hanya sampai disitu, di ribuan tebing ini terdapat juga kurang lebih 40 gua dan 2 jembatan alam yang besar, sehingga menambah keindahan pegunungan Zhangjiajie yang juga menjadi Situs Warisan Dunia (UNESCO).

Dapat 3 World Records

Lift kaca ini mendapatkan 3 Guinness World Records, yaitu sebagai lift outdoor tertinggi di dunia, lift wisata tertinggi di dunia dengan double dek dan lift tercepat dengan memiliki kapasitas terbesar di dunia, dikutip dari Tourism Zhangjiajie. 

Selama ini bila ingin mencapai puncak tebing, wisatawan membutuhkan waktu 3 jam hanya untuk naik ke satu tebing saja, dan juga bisa mengurangi kerusakan pada jalur pendakian, dengan adanya Bailong Elevator sangat membantu para wisatawan. Namun, Bailong Elevator pernah mendapat kritikan keras dari pecinta lingkungan karena penggunaan baja yang berlebihan. Tapi masyarakat sekitar mendukung dengan alasan, dengan adanya lift tersebut bisa mempermudah akses menuju puncak tebing.

Mau tahu gimana sih lift tertinggi itu, yuk simak penampakannya di channel youtube Chinese Bridge:

Tags: Lift Outdoor, Records, Tiongkok, Travel Info

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 shares