Lebih Bagus Mana Sarapan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Kata Para Ahli

Lebih Bagus Mana Sarapan Dulu atau Olahraga Dulu

Para atlet dan ilmuwan sudah lama tahun bahwa waktu makan mempengaruhi performa saat olahraga. Bagaimana dengan kita yang buka atlet profesional?

Mari simak studi terbaru yang diterbitkan di dalam The American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism. Pada studi ini,peneliti dari University of Bath, Inggris, mencari tahu dampak sarapan sebelum dan sesudah olahraga pada orang biasa. Tim peneliti merekrut 10 pemuda yang sehat, namun kelebihan berat badan dan tidak memiliki gaya hidup aktif. Dengan kata lain, 10 pemuda ini menggambarkan sebagaian besar manusia modern.

Pengujian Tes

Tim peneliti kemudian mengukur tingkat kebugaran dan angka metabolisme istirahat para pria ini. Lantas, para pemuda tersebut diminta beberapa kali mengunjungi laboratorium di pagi hari, pertama mereka diminta datang tanpa sarapan, lantas harus berhala selama satu jam di treadmill dengan kecepatan sedang yang memungkinan tubuh mereka bergantung ada lemak utuk bahan bakar. Pada kesempatan lain, para pemuda ini dipersilakan menyantap sarapan 600 kalori yang disediakan tim ilmuwan, dua jam sebelum olahraga treadmill. Menu sarapan terdiri dari Roti panggang, selai buah, sereal, susu dan jus jeruk. Sampel darah dan jaringan lemak diambil sebelum dan sesudah olahraga.

Hasil Pengujian Tes

Hasilnya ada perbedaan nyata tampak pada tingkat gula darah dan lemak. Gula darah rendah ditemukan di awal olahraga ketika para pemuda tersebut tidak sarapan sebelumnya. Mereka membakar lebih banyak lemak saat treadmill dengan perut kosong. Namun, mereka juga membakar lebih banyak kalori saat olahraga setelah sarapan dibanding perut kosong.

Sementara itu, sampel lemak menunjukkan sejumlah gen penghasil protein yang dikatikan dengan peningkatan metabolisme yang ternyata lebih aktif ketika para pemudak ini tidak sarapan dulu sebelum melakukan olahraga. 

Kesimpulan dari Dylan Thompson, direktur riset kesehatan di University of Bath mengatakan bahwa, “Untuk memetik manfaat terbesar dari olahraga Anda, lebih baik jangan sarapan dulu”.

Tag: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares