Konsumsi 1 Liter Kecap Asin, Wanita Ini Alami Kerusakan Otak, Kok Bisa?

Konsumsi 1 Liter Kecap Asin, Wanita Ini Alami Kerusakan Otak, Kok Bisa?

Sebuah channel medis dari Youtube, Chubbyemu menggugah video yang menjelaskan tentang kasus wanita Amerika berusia 39 tahun yang mengalami kerusakan otak permanen setelah mengkonsumsi kecap. Pasalnya ia mengkonsumsi sebanyak 1 liter kecap asin, seperti dilansir dari ifscience.com pada Selasa (11/12/2018).

Supaya kita tahu, kecap mengandung 5,493 mg natrium per 100 gramnya, sementara 1 liter kecap mengandung lebih dari 1.200 gram, yang artinya pasien telah mengkonsumsi lebih dari 66 gram natrium. Menurut kasus kematian yang berhubungan dengan garam, orang dewasa bisa meninggal setelah menelan setidaknya 25 gram sodium.

Pasien wanita yang berinisial ‘CG’ mengaku lebih sering meminum kecap dari pada minum air. Tak lama ia pun mulai kehilangan kemampuannya untuk berbicara dengan jelas lalu kehilangan kesadaran.

Dalam perjalanannya ke rumah sakit, jantung CG sempat berhenti berdetak namun kemudian sadar kembali. Sampai di rumah sakit, dokter memeriksa tubuhnya dan menemukan bahwa otak pasien tersebut mengeluarkan begitu banyak air sehingga ‘mereka’ tidak lagi berfungsi.

Supaya kita tahu lebih banyak tentang kecap, yuk simak fakta seputar kecap dibawah ini:

Bagaimana Kecap dibuat

Dilansir dari laman health.com, Rabu (12/12/2018) ada berbagai cara untuk membuat kecap, tetapi secara tradisional, kecap disiapkan dengan kedelai, gandum, garam dan jamur atau ragi. Kemudian dibiarkan berfermentasi selama delapan bulan bahkan lebih dan dipasteurisasi sebelum dituang kedalam botol.

Beberapa Manfaat Bagi Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karena difermentasi, kecap dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di saluran pencernaan, termasuk Lactobacillus bulgaricus, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan kekebalan.

Di lansir dari intisari, menariknya konsumsi kecap juga dikaitkan dengan membantu orang yang menderita alergi musiman. Jadi, kecap tidak selalu membahayakan tubuh kita, jika kita tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

 

Tags: Kecap, Kesehatan, Kok Bisa, KULINER

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares