Kebakaran Hutan Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia

Kebakaran Hutan Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa lokasi di Indonesia seperti wilayah Kalimantan dan juga wilayah Sumatera. Dampak dari kebakaran hutan dan lahan tersebut adalah kondisi udara yang tidak sehat alias berbahaya. Dan juga sangat mengganggu aktivitas warga setempat, bahkan sekolah diliburkan sementara.

Mulai dari sakit saluran pernapasan dan pembatalan dari sejumlah maskapai menjadi dampak dari kebarakan hutan dan lahan di Kalimantan dan Sumatera.

[ Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Agar Selamat dari Kebakaran Hutan dan Lahan? ]

Apakah hanya Indonesia yang mengalami bencana asap? Ternyata tidak, dilansir dari berbagai sumber, selain Indonesia ada beberapa negara yang mengalami kebakaran hutan yang hebat.

Nah berikut kebakaran terbesar yang pernah terjadi di Dunia:

1.Hutan negara bagian Victoria, Australia

Kebakaran hutan hebat pernah terjadi di negara bagan Victoria, Australia pada akhir Desember 1938 hingga Januari 1939. Penyebab kebakaran karena api yang menjalar ke jutaan hektar hutan tersebut.

Pada peristiwa tersebut setidaknya ada 71 orang meninggal dunia, tak hanya korban jiwa tapi juga berdampak terhadap pencemaran cadangan air bersih dan kesuburan tanah.

2. Hutan Manitoba, Kanada

Kebakaran hutan juga terjadi di Manitoba, Kanada pada tahun 1989, tepatnya terjadi sepanjang bulan Juli 1989. Terdapat sekitar 8,1 juta hektar lahan yang terbakar.

Akibat dari kejadian ini, sekitar satu juta penduduk Manitoba harus diungsikan ke provinsi tetangga. Dan Bandara Internasional James Amstrong Richardson lumpuh selama beberapa minggu karena tertanggunya jarak pandang.

3. Hutan wilayah barat daya Kanada

Musim panas tahun 2014, hutan-hutan disepanjang wilayah barat daya Kanada mengalami kebakaran yang hebat. Terdapat sekitar 100 titik api, dan area hutan yang terbakar mencapai 8,4 juta hektar.

4. Hutan Pinus Siberia, Rusia

Pada tahun 2003 tercatat kebakaran hutan terbesar sepanjang sejarah di hutan pinus Siberia, Rusia. Bagaimana tidak, luas hutan yang terbakar mencapai 47 juta hektar. Kebakaran hebat ini terjadi selama beberapa pekan, sejak 14 Maret hingga 8 April 2003.

5. Hutan Chelan, Oregon

Awalnya kebakaran berasal dari hutan Chelan namun terus meluas hingga ke 10 negara bagian AS seperti Oregon, Washington, Idaho, Montana, California, Nevada, North Carolina, Louisiana, Texas dan Arizona. Lahan yang terbakar mencapai 2,9 juta hektar dan menghanguskan 1.074 bangunan.

6. Hutan Peshtigo, Wisconsin

Kebakaran hutan yang terjadi pada 8 Oktober 1871 di hutan Peshtigo, Wisconsin, AS ini telah membakar lebih dari 3,5 juta hektar dan menewaskan sekitar 2.500 orang.

7. Hutan Hinckley, Minnesota

Kebakaran hebat di hutan Hinckley, Mineesota ini terjadi pada tanggal 1 September 1894 ini membakar lebih dari 1000km persegi. Dari kejadian kebakaran ini terdapat sekitar 418 orang meninggal.

8. Hutan California, Los Angeles

Kebakaran yang terjadi pada tanggal 6 Desember 2017 ini telah membakar sekitar 65 ribu hektar. Dari kejadian kebakaran ini terdapat sekitar 150 gedung rusak.

9. Hutan Kalimantan, Indonesia

Sebelum kebakaran yang terjadi sekarang, hutan Kalimantan pernah mengalami kebakaran hebat sekitar tahun 1982-1983. Dari kejadian tersebut menyebabkan sekitar 3,2 juta hektar lahan terbakar dan mengalami kerugian mencapai Rp 6 triliun. (Berbagai Sumber).

Tags: Bencana Asap, Berita, Kebakaran

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares