Karena Ember, Dahulu 2 Kota di Italia Ini Pernah Berperang

Karena Ember, Dahulu 2 Kota di Italia Ini Pernah Berperang

Seperti namanya, Perang Oaken Bucket disebabkan karena insiden yang melibatkan pencurian ’ember’. Perang yang terjadi pada tahun 1325 atau sekitar abad ke-14 ini melibatkan dua kota di Italia, yakni Bologna dan Modena.

Adapun dua faksi yang berperang adalah kelompok Guelphs yang mendukung Negara Gereja (Papal States) vs kelompok Ghibellines yang mendukung Kekaisaran Romawi Suci.

[ Baca Juga: Habis Baterai, Mobil Listrik Polisi California Gagal Kejar Penjahat ]

Perang lantas pecah setelah sekelompok prajurit Ghibellines dari Modena nekat memasuki Kota Bologna dan mencuri sebuah ember kayu yang biasa digunakan untuk mengambil air di sumur yang terletak di pusat kota.

Pencurian ember tersebut lantas dianggap sebagai upaya Modena untuk merendahkan martabat kelompok Guelphs di Bologna.

Karena enggan mengembalikan ember kayu tersebut, Bologna pun memutuskan mengerahkan sekitar 30 ribu prajurit dan sekitar 2 ribu pasukan kavaleri untuk memerangi Modena. Setidaknya, karena perang ’ember’ ini, setidaknya ada sekitar 2 ribu nyawa melayang.

Meskipun Modena kalah dalam jumlah, namun mereka bisa mengalahkan Bologna dan berhasil dalam perperangan yang memperebutkan ember tersebut. Kini, ember tersebut masih di pajang di Modena hingga hari ini. (Berbagai Sumber).

.

Tags: Ada Aja, Modena, Perang, Perang Ember

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares