Jerman Resmikan Kantor Intelijen Terbesar di Dunia, Luasnya Setara 36 Lapangan Sepak Bola

Kantor Intelijen Jerman Seluas 36 Lapangan Sepak Bola

Kantor Badan Intelijen Federal Jerman (Bundesnachrichtendienst/BND) dibangun selama 12 tahun dengan menghabiskan dana sebesar 1 miliar euro atau sekitar Rp 15,9 triliun. Kantor Intelijen ini di sebut-sebut sebagai kantor badan intelijen terbesar di dunia dan telah resmi dibuka pada Jumat (8/2/2019).

Lokasi markas BND itu tadinya adalah barak polisi yang hancur pada perang dunia ke-2. Pada masa perang dunia ke-2 disana dibangun stadion olahraga. Tetapi stadion itu dihancurkan saat Jerman bersaing menjadi tuan rumah Olimpiade 2000.

Kantor yang seluas 36 kali lapangan sepak bola itu dibangun dekat dengan bekas Tembok Berlin dan telah diresmikan oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel.

“Di dunia yang sering kali membingungkan saat ini, lebih dari sebelum-belumnya, Jerman membutuhkan badan intelijen luar negeri yang kuat serta efisien, “kata Merkel dikutip dari Suara.com.

Saat ini diperkirakan sudah 3.200 dari 4.000 pegawai BDN yang berkantor di kompleks baru tersebut. Sisanya masih berkantor di markas lama di Munich. BND diperkirakan memiliki sekitar 6.500 pegawai dan agen yang bertugas di Jerman dan seluruh dunia.

Markas baru dan menonjol itu, demikian ulas The Guardian, bisa dilihat sebagai sinyal bahwa badan intelijen German lebih percaya diri berperan di dunia.

Dalam website resminya, BND mengatakan bangunan baru itu dibangun mengunakan 135.000 meter kubik beton dan 20.000 ton baja. Ia juga memiliki 14.000 jendela serta 12.000 pintu.

 

Tag: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares