Salah Kaprah, Kantong Teh Celup yang Direndam Lama Bisa Berbahaya

Kantong Teh Celup yang Direndam Lama Bisa Berbahaya

Sejak hadirnya teh celup membantu orang untuk menyeduh teh secara praktis. Tinggal celup kasih gula dan di aduk jadilah teh manis yang siap kita minum.

Tapi tahukah kamu, jika kantong teh celup yang direndam lama bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

[ Baca Juga: Enak Sih, Tapi Makan Kol Digoreng Bahayakan Kesehatan ]

Seperti apa bahayanya, berikut penjelasannya:

Dilansir dari World Buzz, sebuah penelitian masyarakat Malaysia mengungkapkan bahaya membiarkan kantong teh celup di dalam gelas. Dengan kantong teh celup terendam terlalu lama di dalam gelas disebut bisa mencemari minuman dengan miliaran potongan mikroplastik yang tidak terlihat kasat mata.

Parahnya lagi, jumlah mikroplastik yang dikeluarkan oleh kantong teh celup tersebut jauh lebih banyak dari mikroplastik botol minuman sekali pakai.

Mikroplastik adalah bahan yang bisa menyebabkan polusi dan mencemari lingkungan. Saat ini, bahan tersebut semakin banyak ditemukan di berbagai lingkungan, termasuk produk makanan.

Namun, masih sedikit penelitian yang valid untuk membuktikan bahaya mikroplastik terhadap kesehatan manusia. Adapun phthalates, sejenis bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik fleksibel, yang telah terbukti menyebabkan kanker payudara.

Dampak bagi orang yang meminum teh celup dengan terendam lama di dalam gelas memang tak langsung dirasakan langsung, namun meski demikian dianggap lebih aman untuk kesehatan manusia.

Tags: Info Kesehatan, Kanker Payudara, Teh Celup

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares