Ternyata Ada Jutaan Orang Gunakan Angka ‘123456’ Sebagai Password Pribadinya

National Cyber Security Center (NCSC) Inggris menemukan 123456 adalah kata sandi yang paling banyak digunakan pada akun pribadi.

Analisis oleh National Cyber Security Center (NCSC) Inggris menemukan 123456 adalah kata sandi yang paling banyak digunakan pada akun pribadi.

Penelitian ini membantu mengungkapkan kesenjangan dalam pengetahuan dunia maya yang dapat membuat orang dalam bahaya dieksploitasi. NCSC mengatakan orang-orang harus merangkai tiga kata acak. Angka-angka acak tersebut harus mudah diingat sebagai kata sandi yang kuat.

[ Baca Juga: Doomsday Vault, Gudang Khusus yang Disiapkan Saat Kiamat ]

Untuk survei maya pertamanya, NCSC menganalisis basis data publik dari akun yang dilanggar untuk melihat kata dan frasa mana yang digunakan orang. Puncak daftar adalah 123456 muncul di lebih dari 23 juta kata sandi.

Kedua yang paling populer adalah 123456789. Sementara yang lainnya di lima teratas termasuk “qwerty”, “password”, dan “1111111”.

Nama yang paling umum untuk digunakan dalam kata sandi adalah Ashley, diikuti oleh nama Michael, Daniel, Jessica, dan Charlie. Untuk tim sepak bola Liga Premier, orang paling banyak menggunakan Liverpool, kemudian Chelsea. Band Blink-182 menduduki nomor satu bila berkaitan dengan musik.

“Orang-orang yang menggunakan kata-kata atau nama-nama terkenal untuk kata sandi membuat orang berisiko diretas,” kata Direktur Teknis NCSC, Dr Ian Levy, seperti yang dilansir dari BBC, Ahad (21/4).

Selain itu, NCSC juga menanyai orang-orang tentang kebiasaan dan ketakutan soal keamanan mereka. Sebanyak 42 persen ternyata takut akan kehilangan uang karena penipuan daring.

Hanya 15 persen mengatakan mereka merasa yakin cukup tahu untuk melindungi diri mereka secara daring. Sementara itu, kurang dari setengah responden yang ditanyai menggunakan kata sandi terpisah yang sulit ditebak untuk akun surel utama mereka.

Tags: 123456, Password

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares