Pidato Kenegaraan, Jokowi Minta Izin Seluruh Rakyat Untuk Pindahkan Ibu Kota

Jokowi Minta Izin Seluruh Rakyat Untuk Pindahkan Ibu Kota

Pada siang tadi telah diadakan Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Pada saat pidato kenegaraan, Presiden Joko Widodo menyampaikan rencana pemindahan ibu kota negara.

Presiden terpilih Joko Widodo meminta izin kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. Namun, Jokowi tidak merinci secara detail daerah yang dimaksud.

[ Baca Juga: Sebelum Indonesia, 7 Negara Ini Sudah Pindahkan Ibu Kotanya ]

Presiden minta izin

“Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” tutur Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Presiden Joko Widodo juga menambahkan bahwa dengan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan bertujuan sebagai pemerataan dan keadilan ekonomi di Indonesia.

“Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” tambah Jokowi.

Calon ibu kota negara

Ada tiga provinsi di Kalimantan yang disebut jadi kandidat ibu kota negara, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Semua daerah itu tengah dikaji karena punya berbagai kelebihan dan kekurangan.

Dana pemindahan ibu kota

“Untuk pemindahan dan pembangunan ibu kota yang baru, dana yang dibutuhkan mencapai Rp 466 triliun,” ucap Jokowi dikutip dari Kompas.com.

Syarat ibu kota baru

Jika pemerintah melakukan pemindahan ibu kota negara baru harus dengan perhitungan yang matang dan juga harus segera terwujud.

Menurut Menteri Perencanaa dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengatakan ibu kota yang baru harus rawan bencana alam, tidak banjir, ketersediaan lahan, kebutuhan dasar listrik, dekat dengan bandara, pelabuhan dan juga air bersih yang memadai.

Tags: Berita, Ibu Kota, Joko Widodo, Presiden Jokowi

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares