Keren, Jembatan Situgunung Ini Jadi Jembatan Terpanjang se-Asia Tenggara

Jembatan Situgunung Jadi Jembatan Terpanjang se Asia Tenggara

Kalau Anda ada rencana pergi ke Sukabumi, terutama untuk liburan, ada satu tempat yang jangan sampai Anda lewatkan. Di sana ada jembatan Situgunung, jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara.

Jembatan ini berlokasi di Taman Wisata Situgunung, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jembatan ini memiliki panjang 243 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 107 meter.

[ Baca Juga: Pengasuh Anak Ini di Gaji Rp 743 Juta per Tahun, Tapi Dengan Satu Syarat ]

Dilansir dari lama resmi dan akun Instagram Situgunung Suspension Bridge, jembatan yang terbuat dari kayu merbau ini secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada 9 Maret 2019. Jembatan Situgunung dibangun oleh PT Fontis Aqua Vivam bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dengan proyek dimulai pada Mei 2017.

Walaupun tidak menggunakan alat berat, pembangunan jembatan ini selesai dalam waktu kurang dari 1 tahun, lebih tepatnya selama 4 bulan. Untuk keselamatan dan kenyamanan, jembatan ini telah disertifikasi dan lulus uji beban yang dilakukan oleh Kementrian PUPR.

Menurut Dede Asad, direktur Jembatan Situgunung, para pengunjung tak perlu takut, karena mereka yang ingin menyeberang jembatan dilengkapi dengan sabuk pengaman yang disediakan di gerbang masuk. Dilengkapi dengan pengait, ikat pinggang dapat dipasang ke pegangan kalau terjadi turbulensi.

Seorang anggota staf bersiaga di area tengah untuk membantu orang-orang menyeberangi jembatan. Usai mengunjungi jembatan gantung, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan mereka ke Curug Sawer (Air Terjun Sawer), yang berjarak 1 kilometer.

Tags: Indonesia, Jawa Barat, Situgunung, Travel Info

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 shares