Kalahkan Burj Khalifa, Jeddah Tower Bakal Jadi Gedung Tertinggi di Dunia

Jeddah Tower Bakal Jadi Gedung Tertinggi di Dunia

Kita pasti tahu gedung tertinggi di dunia masih di pegang oleh Burj Khalifa di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung yang diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010 ini memiliki ketinggian mencapai 828 meter.

Namun, gedung yang awalnya bernama Burj Dubai ini bakal dikalahkan oleh Jeddah Tower yang diberitakan selesai dibangun pada tahun 2021 nanti.

[ Baca Juga: Keren, Lift Kaca Tertinggi Ada di China Hingga Mencapai 300 Meter ]

Berikut beberapa fakta tentang calon gedung tertinggi di dunia ini seperti dilansir CNN Indonesia:

1.Jeddah Tower tingginya mencapai 1 kilometer

Dengan mencapai tinggi 1 kilometer membuat gedung Jeddah Tower berada di peringkat pertama gedung tertinggi di dunia yang selesai dibangun tahun 2021 nanti.

2. Biaya pembangunan capai Rp19 triliun

Bakal menjadi gedung tertinggi di dunia pastinya membutuhkan dana yang pasti besar. Gedung ini memerlukan biaya sebesar 1,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp19 triliun. Lebih murah dibandingkan dengan gedung Burj Khalifa sebesar 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp21 triliun.

3. Sosok dibalik Jeddah Tower adalah Al-Waleed bin Talal

Salah satu orang dibalik ide Jeddah Tower adalah Al-Waleed bin Talal. Ia merupakan salah satu anggota keluarga besar Kerajaan Arab sekaligus seorang investor dan pebisnis. Tercatat harta kekayaan yang dimiliki Al-Waleed bin Talal mencapai 18,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp264 triliun.

4. Jeddah Tower di desain oleh arsitek terkenal dunia

Tak hanya tinggi, Jeddah Tower juga akan menjadi gedung dengan nilai seni yang baik. Semua akan ditunjukkan oleh tangan dingin dari arsitek terkenal di dunia bernama Adrian Smith. Gedung hasil karyanya adalah Trump Tower International Hotel and Tower di AS, Jin Mao Tower di China dan tentunya Burj Khalifa di Dubai.

5. Waku pembangunan

Untuk membangun sebuah gedung tertinggi di dunia yang mencapai tinggi hingga 1 kilometer pastinya membutuhkan waktu yang panjang. Untuk itu, pembangunan yang sudah berjalan sejak tahun 2013 ini direncanakan rampung tahun 2021 atau paling lambat tahun 2022.

6. Jumlah lantai

Jeddah Tower bakal memiliki sedikitnya 252 lantai, dimana 167 lantai digunakan untuk tempat tinggal, dan pada lantai ke-157 terdapat helipad.

Tags: Gedung Tertinggi, Info Travel, Jeddah Tower, Rekor Dunia

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares