Inilah 7 Kampus Tertua di Indonesia

inilah 7 kampus tertua yang ada di Indonesia

Pendidikan merupakan unsur penting dalam menggapai cita-cita di masa depan. Namun memilih kampus juga perlu menjadi perhatian, bagaimana status kampus tersebut, para pengajarnya, sistem pengajarannya dan juga fasilitas.

Untuk menjadi perguruan tinggi yang favorit, pihak kampus harus terus mengupdate dosen-dosennya dan juga literasinya. Kampus-kampus favorit tersebut berkembang dari tahun ke tahun, bahkan ada yang sudah berdiri sejak jaman VOC di abad ke-18.

[ Baca Juga: 7 Atlet Indonesia yang Terjun ke Dunia Akting ]

Nah sebelum kamu mencari kampus favorit, ada baiknya mencari tahu sejarah kampus-kampus favorit tersebut.

Inilah 7 kampus tertua di Indonesia:

1.Universitas Indonesia (UI)

Siapa sih tidak mengenal kampus Universitas Indonesia yang ada di Depok, Jawa Barat ini. Selain kampus terfavorit, UI juga merupakan kampus tertua yang ada di Indonesia.

Didirikan sejak tahun 1851, UI pada awalnya bertujuan untuk menciptakan asisten dokter oleh pemerintah kolonial Belanda.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga didirikan pada tahun 1913, berawal dari lembaga pendidikan Belanda yakni Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding Van Indische Tandarsten (STOVIT).

Pada tahun 1954, Universitas Airlangga diresmikan menjadi pendidikan tinggi pertama di wilayah timur Indonesia oleh Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB didirikan oleh pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1920, awalnya ITB bernama Technische Hogeschool Bandoeng (THS), namun pada tahun 1959 berubah nama menjadi Insitut Teknologi Bandung (ITB) hingga sekarang.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB berdiri pada tahun 1940 dengan nama Landbouw Hogeschool, kemudian berubah nama pada tanggal 30 Oktober 1941 dengan nama Landbouwukndige Faculteit. Pada tanggal 1 September 1963 berubah nama menjadi Institut Pertanian Bogor.

5. Universitas Islam Indonesia (UII)

Dulunya UII bernama Sekolah Tinggi Islam pada tanggal 8 Juli 1945, awalnya UII didirikan atas kesadaran akan pendidikan masyarakat pribumi, melihat perguruan tinggi hanya milik Belanda.

Pada tanggal 3 November 1947 Sekolah Tinggi Islam berubah nama menjadi Universitas Islam Indonesia sekaligus menjadi kampus swastas pertama di Indonesia.

6. Universitas Gajah Mada (UGM)

UGM merupakan kampus yang didirikan kedua di Jogja setelah UII, UGM didirikan setahun setelah UII didirikan yakni pada tanggal 19 Desember 1946.

7. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

UKI didirikan pada tanggal 22 Mei 1950 dan diresmikan sebagai universitas pada tanggal 15 Oktober 1953 dengan memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Sastra dan Filsafat dan Fakultas Ekonomi.

Tags: IPB, ITB, Perguruan Tinggi, UGM

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares