Ini Bahayanya Jika Minum Air Putih Terlalu Banyak

Ini Bahayanya Jika Minum Air Putih Terlalu Banyak

Minum air putih dalam dunia kesehatan memang sangat dianjurkan, malah diwajibkan untuk minum minimal 8 gelas sehari.

Agar cairan dalam tubuh kita tetap terjaga, jika tubuh kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

[ Baca Juga: Kamu Sering Minum Sambil Berdiri, Mulai Sekarang Hentikan! Ini Bahayanya Bagi Tubuh Anda ]

Tapi bagaimana jika kita terlalu berlebihan minum air putih, apa yang terjadi pada tubuh dan apakah bahayanya bagi kesehatan tubuh.

Ini dia bahayanya jika minum air putih terlalu banyak:

1.Risiko gangguan jantung

Jika konsumsi air secara berlebihan mengakibatkan volume darah meningkat sehingga jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah.

2. Pembengkakan sel tubuh

Konsumsi air secara berlebihan menyebabkan pengenceran darah sehingga kadar elektrolit di dalam darah lebih rendah dibandingkan kada di dalam sel. Untuk menjaga keseimbangan tersebut, air akan mengisi sel-sel tubuh sehingga menyebabkan adanya pembengkakan.

3. Turunkan kadar kalium dalam tubuh

Konsumsi air ataupun cairan berlebihan akan berdampak pada larutnya kalium bersama air. Sehingga membuat kadar kalium berkurang dan mengakibatkan iritasi, nyeri dada, hingga kram otot.

4. Iritasi perut

Seperti pada penjelasan diatas, kadar elektrolit yang tidak seimbang akan menyebabkan iritasi pada perut yang merupakan gejala awal keracunan cairan.

5. Buang air kecil berlebihan

Minum air secara berlebihan ternyata membuat saluran kencing bekerja lebih keras, bahkan berdampak dehidrasi karena cairan tubuh yang banyak terbuang bersama urin.

6. Penyakit ginjal

Dengan konsumsi air secara berlebihan maka beban ginjal akan terasa berat, karena banyak cairan yang harus disaring. Bila hal ini terus terjadi maka glomerulus (berfungsi menyaring darah) bisa rusak dan menyebabkan berbagai gangguan pada ginjal.

Batas asupan air dalam sehari

Dilansir dari Hellosehat.com, kebutuhan air dalam sehari pada umumnya sekitar 3,7 liter air bagi laki-laki sedangkan bagi perempuan dibutuhkan sekitar 2,7 liter air.

Tags: Air Minum, Dampak, Info Sehat, Kesehatan

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares