Sudah Ada Sejak 200 Tahun Lalu, Ternyata Ikan Arwana Merupakan Ikan Purba

ikan arwana merupakan ikan purba dan sudah hidup 220 juta tahun lalu

Arwana termasuk ikan karnivor yang mendiami habitat sungai dan danau berair tenang. Ikan ini dapat ditemukan di Amazon, dan di beberapa bagian Afrika, Asia dan Australia.

Sebuah penelitian genetik dan temuan fosil menunjukkan bahwa ikan ini setidaknya telah hidup di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu.

[ Baca Juga: Seorang Pria Sedang Salat diatas Truk Kontainer Ini Bikin Netizen Kagum ]

Arwana ternyata termasuk jenis ikan purba yang hingga kini belum punah keberadaannya dan bahkan sekarang menjadi ikan hias yang cukup mahal.

Arwana sangat diminati sebagai ikan hias karena memilki corak dan warna yang menarik dan beragam, bahkan corak dan warna mempengaruhi harga ikan purba tersebut.

Ikan ini bahkan bisa melompat hingga 2 meter di atas air untuk menangkap mangsanya seperti burung dan kelelawar untuk dimakan.

Ikan Arwana memiliki beberapa jenis, yuk simak dibawah ini:

1.Arwana Merah/ Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red ini berasal dari Indonesia dan bisa kita temukan di daerah Kalimantan Barat, seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.

2. Arwana Cross Black Golden/ X Black Golden

Ikan Arwana jenis ini berasal dari Malaysia, sebenarnya termasuk jenis ikan Arwana Golden.

3. Arwana Red Tail Golden/ Golden Red

Jenis ikan arwana ini merupakan berasal dari Indonesia, khususnya Pekanbaru, Sumatera.

4. Arwana Silver/ Arwana Brazil

Ini Arwana jenis ini paling sering kita jumpai, dikarenakan harganya yang terjangkau. Arwana ini bisa tumbuh sampai 50-60cm, dan warna silvernya merata seluruh tubuh.

5. Arwana Banjar

Ikan arwana ini memiliki warna sirip orange pucat, ekornya berwarna kuning atau orange. Ikan arwana banjar juga sering disebut dengan arwana merah tingkat dua, karena mirip dengan arwana merah muda.

6. Arwana Golden Pino/ Arwana Hijau

Arwana jenis ini bisa kita temui di beberapa negara Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan Kamboja. Memiliki warna dominan hijau semi perak.

7. Arwana Black Golden

Jenis ini bisa kita temukan di Malaysia, memiliki warna emas yang dibalut dengan sisik yang tebal berwarna hitam. Arwana black golden cukup susah didapat, sehingga harganya terbilang mahal.

Tags: Arwana, Ikan Purba

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares