DPR Resmi Sahkan Undang-Undang Batas Usia Perkawinan

DPR Resmi Sahkan Undang-Undang Batas Usia Perkawinan

Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 soal batas usia perkawinan. Yang mana batas minimal usia perkawinan diubah dari 16 tahun menjadi 19 tahun.

Wakil Ketua Badan Legislasi Fraksi PAN, Totok Daryanto, menyerahkan RUU Perkawinan dalam rapat paripurna, Senin 16 September 2019. Pimpinan rapat paripurna, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, mengetok palu setelah mendapat persetujuan anggota DPR.

[ Baca Juga: Kebakaran Hutan Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia ]

Sebelumnya DPR telah sepakat mengubah batas minimal usia perkawinan menjadi 19 tahun. Ketua Badan Legislasi DPR, Supratman Andi Agtas mengatakan, keputusan ini diambil dalam rapat panitia kerja pemerintah dan DPR yang berlangsung, Kamis, 12 September 2019.

“Sudah disepakati perubahannya, dan untuk memenuhi keputusan MK (Mahkamah Konstitusi) maka usia perkawinan itu berada di umur 19 tahun antara laki-laki dan perempuan sekarang sama,” kata Supratman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 12 September 2019.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise sangat menantikan tentan aturan batas usia perkawinan tersebut, karena bisa berdampak positif bagi anak-anak Indonesia.

“Keputusan atas pengesahan RUU Perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan ini sangat dinantikan dalam upaya menyelamatkan anak Indonesia atas praktik perkawinan anak,” ujar Yohana Yembise di Senayan, Jakarta, Senin (16/9/19) dikutip Suara.com.

Tags: DPR, Undang-Undang, Usia Perkawinan

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares