Dalam Sebuah Tim, Tidak Boleh Ada Pihak yang Merasa Lebih Penting

Sehebat apapun seorang konduktor orkes simfoni, tanpa kehadiran orang-orang yang mampu dengan piawai memainkan instrumen musik mereka masing-masing dengan mengikuti arahan dari sang konduktor, tidak akan menghasilkan alunan musik yang enak didengar.

Dalam sebuah kerjasama tim, tidak ada pihak manapun yang boleh merasa lebih penting, karena peran serta dan kontribusi semua orang dalam tim sangat mempengaruhi kinerja tim.

Kerjasama dua orang akan menghasilkan kinerja terbaik ketika seseorang membutuhkan orang lain dan orang lain tersebut juga membutuhkan dirinya, karena keadaan saling membutuhkan akan menciptakan sinergi.

Sebagai seorang pemimpin, semampu apapun diri Anda, tetap saja akan memerlukan kehadiran orang-orang lain untuk dapat menghasilkan kinerja yang lebih besar dengan mengupayakan terciptanya sinergi.

Untuk menjadi pemimpin yang sukses, jangan pernah Anda berpikir “seandainya saya bisa, saya akan mengerjakannya sendiri tanpa meminta bantuan orang lain,” karena mungkin untuk sementara waktu bisa jadi Anda memang bisa mengerjakannya sendiri, namun sampai berapa lama, dan pertanyaan terpenting adalah apakah waktu Anda yang berharga pantas untuk dipergunakan mengerjakan tugas tersebut?

 
Oleh: Husen Suprawinata
#1-menit iNSPIRASI

Tag:

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares