Dahulukan Hal yang Penting dan Lakukan Segera Agar Tidak Ada Penyesalan

Dahulukan semua hal penting dan laksanakan segera agar setelahnya kita tidak pernah menyesali berbagai tindakan yang kita lakukan dan tidak lakukan.

Kevin Carter adalah seorang wartawan yang pada suatu ketika sedang bertugas di Afrika Selatan yang sedang bergolak karena perang pada waktu itu, dan dia menemukan seorang gadis kecil dengan keadaan nyaris telanjang sedang duduk menangis sementara hanya beberapa meter di belakang gadis kecil itu nampak beberapa ekor burung pemakan bangkai yang terlihat menantikan kematian gadis kecil tersebut. Setelah memotret keadaan tersebut, Kevin bergegas meninggalkan tempat itu karena dalam pikirannya ingin mempergunakan waktunya untuk menemukan hal-hal lain yang akan dia beritakan.

The New York Times yang mempublikasikan foto gadis kecil dengan latar belakang beberapa burung bangkai tersebut langsung menerima banyak sekali telepon yang menanyakan kabar tentang si gadis kecil tersebut. Apakah dia akhirnya meninggal? Apakah dia berhasil diselamatkan? Apakah ada cara untuk menolongnya? Apakah yang telah dilakukan oleh si pembuat foto?

Foto tersebut mendapat penghargaan tertinggi karya jurnalistik namun tidak lama setelah menerima penghargaan tersebut, Kevin mengakhiri hidupnya karena dia terus dihantui rasa bersalah dan penyesalan karena telah lebih mementingkan untuk mendapatkan berbagai berita yang walaupun memang merupakan tugasnya sebagai wartawan, sehingga dia telah mengabaikan hal yang sesungguhnya lebih penting untuk dia lakukan pada waktu itu yaitu menyelamatkan nyawa gadis kecil tersebut.

Pikirkan dengan baik apa yang hendak kita lakukan karena ketika kita sampai membuat pilihan yang keliru, bukan hanya kerugian materi yang akan kita alami tetapi seringkali juga disertai perasaan bersalah yang membutuhkan waktu lama untuk memulihkannya.

 

Oleh: Husen Suprawinata
#1-menit iNSPIRASI

Tag:

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares