Teleskop Terbesar di Dunia Ada di China, Luasnya 30 Kali Lapangan Bola

China bangung teleskop terbesar di dunia luasnya 30 lapangan bola

Selain Amerika Serikat, Jepang, China sekarang sedang majut pesat, mulai dari ekonomi dan infrastrukturnya begitu juga dengan teknologi yang sedang dikembangkannya.

Mulai dari menerbangkan tumbuhan ke bulan, kini China membuat penemuan-penemuan teknologi yang canggih. Bahkan sudah bisa disandingkan dengan negara Amerika Serikat, Rusia dan Jepang.

[ Baca Juga: Keunikan Restoran di California, Pekerjakan Robot Sebagai Karyawan! ]

Apalagi, didukung dengan kondisi sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia, China berusaha untuk mengaplikasikan beragam teknologi dalam seluruh aspek kehidupan warganya.

Banyak inovasi mereka dianggap sangat melampaui zaman dan jauh dari akal sehat. Salah satu bukti kemajuan teknologi di China adalah dibangunnya sebuah teleskop raksasa.

Teleskop yang dibuat China ini adalah teleskop terbesar di dunia. Teleskop terbesar di dunia ini bernama Aperture Spherical Radio Telescope (FAST), yang berada di Provinsi Guizhou, China, dan saat ini telah dibuka untuk umum.

Diameter
(Image: BBC)

Teleskop berukuran sebesar 30 lapangan sepak bola itu merupakan teleskop bukaan tunggal terbesar di dunia, seperti mengutip Liputan6.com lansir dari Extreme Tech, Selasa (6/8/2019). Para ilmuwan China menyebutkan bahwa teleskop radio berdiameter 500 meter itu telah menerima sinyal pertamanya dari luar angkasa.

Teleskop terbesar di dunia tersebut berlokasi di kawah alami Provinsi Guizhou, barat daya China. Ini merupakan proyek ambisius dari Observatorium Astronomi Nasional China.

Teleskop terbesar sebelumnya

Teleskop ini dilengkapi oleh antena parabola yang terdiri dari ribuan panel triangular. Sebelumnya teleskop terbesar di dunia dibuat oleh Observatorium Aricebo di Puerto Rico dengan diameter 305 meter.

Tags: China, Teknologi, Teleskop

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares