Waspada, Berfoto Pose Jari V Berbahaya bagi Privasi Keamanan Digital

Berfoto Pose Jari V Berbahaya bagi Privasi Keamanan Digital

Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan kita. Mulai dari memesan makanan, membeli barang, mengantarkan kita kesuatu tempat, membayar secara online, melakukan pinjaman dan masih banyak lagi.

Tapi dibalik kemudahan tersebut, kita sebagai pengguna harus tetap waspada terhadap kejahatan yang bisa terjadi di era teknologi ini.

[ Baca Juga: Paspor Pilot Hilang, Penerbangan Ditunda 11 Jam ]

Banyak kasus yang terjadi, seperti pencurian data salah satunya yang dialami oleh Bukalapak, data penggunanya di hack dan yang baru-baru saja kejadian adalah pencurian puluhan juta data penumpang Lion Air.

Tak hanya pencurian data, gaya selfie kamu juga bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Seperti gaya selfie dengan pose jari V ternyata sangat berbahaya bagi privasi keamanan digital.

Dikutip dari HiTekno.com, pakar keamanan digital Shanghai Information Security Trade Association menjelaskan bahwa selfie pose jari V bisa mengungkapkan pola sidik jari seseorang secara baik.

Dengan teknologi pembesaran foto dan kecerdasan buatan (AI) memungkinkan seseorang bisa mengekstrak secara detail sehingga terbentuk salinan sempurna.

Bahkan berpose jari V dalam jarak 1,5 meter hingga 3 meter masih rentan untuk disalahgunakan untuk penyalahgunaan privasi keamanan digital.

Profesor dari Universitas Tsinghua, China bernama Feng Jianjiang menjelaskan bahwa sidik jari memang rawan untuk disalin, namun jaraknya masih bisa diperdebatkan. Karena selain jarak, sudut dan fokus kamera juga bisa mempengaruhi kejelasan sidik jari.

Feng Jianjiang menghimbau kepada setiap orang yang ingin mengupload foto selfie dengan pose jari V untuk terlebih dahulu memperbesar hasil foto apakah terlihat jelas atau tidak sebelum memposting ke media sosialnya.

Tags: Keamanan Digital, Pencurian Data, Pose Jari V, Selfie, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares