Nikmat Sih, Namun Waspada 9 Efek Negatif Bila Kebanyakan Minum Kopi

9 Efek Negatif Bila Terlalu Banyak Konsumsi Kopi Dalam Sehari

Kopi memang minuman yang sangat digandrungi, disaat kita sedang nongkrong, santai, bekerja bahkan disaat tidak melakukan apa-apa.

Banyak yang bilang bila tidak minum kopi, terkadang merasa fokus entah itu karena asumsi atau karena terdapat kafein pada kopi.

[ Baca Juga: Ada Aja, Wanita Ini Mau di Ajak Kencan Bila si Pria Dapat 1.000 Retweet ]

Tapi tahukah kamu bila terlalu banyak konsumsi kopi bisa memberikan efek yang negatif bagi kesehatan tubuh.

Berikut 9 efek negatif bila terlalu banyak minum kopi:

1.Sakit Perut

Jika berlebihan konsumsi kopi dalam sehari bisa membuat sakit perut, menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa senyawa yang terdapat pada kopi dapat merangsang sekresi asam lambung di sel-sel perut.

2. Merasa Cemas

Jika terlalu banyak konsumsi kopi dalam sehari bisa membuat kita semakin merasa cemas. Kecemasan itu muncul karena kafein yang terdapat pada segelas kopi.

3. Jantung berdebar

Menurut ahli kesehatan dan nutrisi, dr. Jansen Ongko, MSc, RD mengatakan bahwa konsumsi kopi secara berlebihan bisa membuat detak jantung lebih cepat dari biasanya.

4. Insomnia

Menurut Mayo Clinic, kopi bertahan pada sistem pencernaan kita selama 14 jam. Ini bisa menyebabkan kita selalu terjaga dan juga waspada sehingga sulit untuk tertidur. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga jarak saat ingin minum kopi dan waktu tidur malam.

5. Diare

Jika mengkonsumsi kopi sebanyak lebih dari 3 gelas cangkir kopi sehari bisa membuat kita terserang diare.

6. Gelisah

Kafein membuat kita fokus dan waspada, namun jika konsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan perasaan gelisah. Karena tingkat kesadaran atau kewaspadaan meningkat sehingga menyebabkan kita merasa gelisah.

7. Sakit Kepala

Pada sebuah penelitian, mengkonsumsi kafein dengan jumlah sedang bisa meredakan sakit kepala, namun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala.

8. Asam Lambung Meningkat

Kopi mengandung kafein atau katekol yang bisa meningkatkan asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi terlalu banyak, apalagi bagi pemilik sakit maag.

9. Kolesterol Meningkat

Jika mengkonsumsi kopi secara berlebihan seperti 5 gelas sehari bisa berisiko pada tingginya tingkat kadar kolesterol darah hingga 8%. Disebabkan oleh kandungan minyak terpene pada kopi.

Dosis tepat minum kopi

Dari sebuah penelitian yang dikutip dari The Huffington Post, menyebutkan bahwa dosis yang aman untuk kita mengkonsumsi kopi adalah dengan 2-3 gelas kopi sehari.

Tags: Efek Kopi, Info Kesehatan, Kopi

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares