8 Patung Tertinggi di Dunia, Ternyata Nomor 5 Ada di Indonesia

8 Patung Tertinggi di Dunia, Ternyata Nomor 5 Ada di Indonesia

Setiap negara memiliki ciri khas masing-masing, mulai dari budaya, adat-istiadat, kekayaan flora dan fauna, tempat-tempat objek wisata dan masih banyak lagi yang bisa membedakan satu sama lain. Namun yang mudah diingat saat kita berkunjung ke suatu negara atau pun untuk mengingatkan seseorang kepada suatu negara ada sebuah ikon. Ikon itu bisa berupa makanan, budaya, monumen dan juga patung. Patung-patung yang dibuat disebuah negara kebanyakan adalah sebagai pengingat tentang suatu kejadian ataupun suatu alasan.

Nah, ternyata selain Indah patung-patung ini menjadi yang tertinggi di Dunia, yuk simak:

1. Crist the Redeemer, Brazil

Atau biasa disebut sebagai Patung Kristus Penebus ini merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2007 lalu. Patung ini memiliki tinggi 30 meter, untuk lebar bentang tangannya sendiri 28 meter dan terletak di pegunungan Corcovado, Rio de Janeiro,Brazil. Memakan waktu 10 tahun dalam pembangunan patung tersebut, dari 4 April 1922 sampai akhirnya 12 Oktober 1931. Sejak tahun 2002, pemerintah setempat menambah fasilitas eskalator dan elevator.

2. The Motherland Calls, Russia

Selesai dibangun pada akhir tahun 1960, patung ini memiliki tinggi 85 meter dan memiliki berat sekitar 8.000 ton. Motherland Calls sempat dinyatakan sebagai patung terbesar di dunia pada tahun 1967. Patung ini didirikan dengan alasan sebagai pengingat tentang kemenangan Soviet atas pasukan Axis di garda timur Perang Dunia II dan bisa disebut sebagai pertempuran paling berdarah dalam sejarah manusia.

3. Patung Liberty, Amerika Serikat

Patung perunggu ini diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886, patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat terkait seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antar kedua negara. Patung kebanggan warga Amerika ini terletak di Pulau Liberty, memiliki tinggi patung 46 meter namun jika diukur dari bangunan penyangga patung ini memiliki tinggi 93 meter.

(Baca Juga: Panduan Rahasia Sukses Memulai Bisnis Dari Rumah  )

4. Patung Ushiku Daibutsu, Jepang

Dibangun pada tahun 1993 dengan tinggi 110 meter namun jika dihitung dari alas bunga teratai patung ini memiliki tinggi 120 meter dengan berat sekitar 4.000 ton. Patung ini dibangun untuk memperingati kelahiran Shinran (1173-1263), pendiri sekte tanah suci Buddhisme di Jepang. Pada tahun 1995 patung ini tercantum dalam Guinness World Book of Records. 

5. Garuda Wisnu Kencana, Bali-Indonesia

Patung Garuda Wisnu Kencana atau biasa disebut patung GWK ini berlokasi di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali. Patung GWK ini berada di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan karya pematung terkenal, I Nyoman Nuarta. Patung GWK terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton dan memiliki tinggi 121 meter dan lebar 60 meter. Patung GWK ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

6. Laykyun Setkyar, Myanmar

Patung Buddha Gautama yang terletak di negara Myanmar, tercatat sebagai patung tertinggi di Dunia dengan ketinggian mencapai 130 meter secara keseluruhan, dan tinggi patungnya saja sekitar 116 meter. Pembangunannya dimulai sejak tahun 1996 dan baru selesai tahun 2008. Terdapat 32 cerita di dalam patung ini, 12 diantaranya menceritakan tentang neraka.

7. Spring Temple Buddha, Tiongkok

Patung ini pernah di nobatkan sebagai patung tertinggi di Dunia, memiliki tinggi 153 meter, tinggi patungnya saja memiliki tinggi 128 meter. Pernah menjadi patung tertinggi di Dunia pada tahun 2000-an dan akhirnya menjadi peringkat ke-2. 

8. Statue of Unity

Dan yang menjadi patung tertinggi yang pernah di bangun umat manusia adalah Statue of Unity, patung ini memiliki tinggi 182 meter, dibuat dengan 1.700 ton perunggu, 18.500 baja dan 6.500 baja terstruktur. Patung yang berhasil mengalahkan Spring Temple Buddha di Tiongkok ini memakan biaya sekitar 400 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 6 triliun dan membutuhkan 4 tahun untuk membangunnya. Patung ini dipersembahkan bagi Pahlawan Kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel.

Wah Indonesia boleh bangga dengan patung Garuda Wisnu Kencana yang menjadi salah satu patung tertinggi di Dunia.

Tag: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares