8 Novel Indonesia yang Sukses Diangkat ke Layar Lebar

Bagi kamu penikmat film Indonesia dari berbagai genre mungkin sudah tidak asing lagi dengan judul-judul film seperti, Dilan, Ayat-ayat Cinta, Laskar Pelangi dan masih banyak lagi.

Film-film tersebut tidak hanya mendapatkan berbagai penghargaan tapi juga membuat film Indonesia semakin bisa bersaing dengan film luar, mulai dari segi cerita dan cinematografinya. 

Ternyata film-film yang cukup sukses di Indonesia ini diambil dari novel-novel yang sudah sukses sebelumnya, hingga diangkat ke layar lebar dan mendapatkan respon yang positif juga.

Nah berikut 13 Novel Indonesia yang sukses diangkat ke layar lebar:

1. Dilan 1990

 

Novel laris karya Pidi Baiq ini berjudul Dilanku 1990 kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul Dilan 1990. Menceritakan tentang kisah Dilan dan Milea yang dimulai dengan perkenalan yang tak biasa disebuah SMA di Bandung. Mereka bertemu di tahun 1990 saat Milea pindah dari Jakarta ke Bandung. Film ini digarap oleh Falcon Pictures dan Max Pictures.

[ Baca Juga: 5 Hal yang Perlu dilakukan Suami Saat Anak Masih Dalam Kandungan ]

2. Laskar Pelangi

Novel karya penulis terkenal Andrea Hirata ini mendapatkan respon yang positif, novelnya laris manis hingga akhirnya diangkat ke layar lebar. Film dengan judul yang sama ini digarap oleh Riri Riza dan rilis 26 September 2008 dan menjadikannya sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak hingga 4,6 juta penonton sebelum Dilan 1990 berhasil merebutnya.

3. Ayat-ayat Cinta

Film ini berjudul sama dengan novelnya karya Habiburrahman El Shirazy ini digarap oleh Hanung Bramantyo. Penayangan perdananya pada tanggal 28 Februari 2008, film ini menceritakan tentang kisah cinta beda agama dan bagaimana kasih sayang dua insan dewasa dijelaskan dalam sudut pandang islam.

4. 5 cm

Adaptasi dari novel karya Donny Dhirgantoro ini diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini menceritakan persahabatan anak muda yang telah terjalin selama kurang lebih sepuluh tahun dan mendaki Gunung Mahameru untuk menemukan makna tentang persahabatan.

5. Habibie Ainun

Diangkat dari novel berjudul sama karya Ifan Adriansyah Ismail dan Ginatri S. Noer, disutradarai oleh Faozan Rizal dan diproduseri oleh Dhamoo Punjabi dan Manoj Punjabi. Film yang rilis pada 20 Desember 2012 ini disaksikan oleh Mantan Presiden SBY dan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo waktu itu.

6. Supernova

Novel karya Dewi ‘Dee’ Lestari ini memang tidak perlu diragukan lagi, disutradari oleh Rizal Mantovani dan diproduseri oleh Ram Soraya dan Suil Soraya. Bercerita tentang kisah cinta anak muda, film ini tayang pada tahun 2014.

7. Sabtu Bersama Bapak

8 Novel Indonesia yang Sukses Diangkat ke Layar Lebar

Film ini diangkat dari novel berjudul sama, Sabtu Bersama Bapak karya Adhitya Mulya dengan disutradarai oleh Monty Tiwa dan diproduseri oleh Ody Mulya Hidayat dari Maxima Pictures. Film ini bercerita tentang seorang Bapak yang memberikan pesan berupa video tentang kehidupan kepada kedua anak-anaknya yang masih kecil sebagai bekal ketika mereka dewasa, dan video tersebut ditonton setiap hari Sabtu hingga mereka beranjak dewasa.

8. Wiro Sableng

8 Novel Indonesia yang Sukses Diangkat ke Layar Lebar

Wiro Sableng atau Pendekar 212 merupakan novel karya Bastian Tito yang juga merupakan ayah dari aktor Indonesia Vino Bastian. Film ini disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dan di produseri oleh Sheila Timothy. Film ini bercerita tentang Wiro yang diberi misi oleh gurunya untuk mencari murid yang sudah berkhianat. Banyak aksi kocak dan juga efek visual yang keren di film ini.

Berikut adalah 8 Novel Indonesia yang sukses diangkat ke layar lebar, mungkin ada bisa tambahin, bisa tulis dikolom komentar ya.

Tags: Film Indonesia, Info Film, Novel

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 share