7 Macam Gangguan Kepribadian yang Perlu Kamu Ketahui

7 Macam Gangguan Kepribadian yang Perlu Kamu Ketahui

Gangguan kepribadian adalah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya memiliki pola pikir dan perilaku yang tidak sehat dan berbeda dari orang normal.

Gangguan kepribadian ini juga bisa dikategorikan sebagai penyakit mental yang bisa membuat penderitanya sulit untuk merasakan, memahami atau berinteraksi dengan orang lain.

[ Baca Juga: Tak Terima Dipanggil Nenek, Dua Wanita Ini Nyaris Bertengkar di KRL ]

Nah berikut beberapa macam gangguan kepribadian yang perlu kamu ketahui:

1.Schizoid

Adalah kecenderungan seseorang untuk menutup diri, suka dengan kesendirian dan mengucilkan diri. Selain itu juga menjauh dari kehidupan sosial dan cenderung dingin serta takut berhubungan dengan orang sekitar.

2. Antisocial

Atau disingkat ASPD adalah gangguan kepribadian yang cenderung berbohong, melanggar hukum, bertindak impulsif dan kurang memperhatikan keselamatan diri sendiri maupun keselamtan orang lain.

3. Borderline

Adalah gangguan kepribadian dimana penderita labil akan suasana hatinya dan merasa selalu rendah diri, tidak berharga, rasa tidak aman, impulsif dan hubungan sosial yang terganggu karena sering timbul amarah.

4. Avoidant

Adalah gangguan dimana penderitanya mengalami kecemasan sosial yang berlebih. Penderita umumnya takut tidak diterima, takut diejek dan terlalu khawatir terlihat tampak bodoh.

5. Obsessive Compulsive Disorder

Atau biasa dikenal OCD biasanya diderita pada seorang yang terlalu prefeksionis, sehingga dirinya melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Jika tidak merasa puas, penderita OCD akan merasa cemas atau bahkan ketakutan yang berlebihan.

6. Narcissistic

Adalah perasaan mencintai diri sendiri hingga berlebihan dan menjadi sosok yang egois, senang mencari perhatian dan pujian atas dirinya sehingga tidak memperhatikan orag sekitar.

7. Paranoid

Gangguan mental yang membuat seseorang selalu menaruh curiga yang berlebihan dan meyakini jika orang lain ingin membahayakan dirinya. Jika sudah berlebihan, gangguan mental ini akan berdampak parah terhadap keseharian si pelaku.

Tags: Gangguan Kepribadian, Mental, Psikologi

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares