Pengendara Motor Wajib Baca, 6 Penyakit Siap Mengintaimu Jika Tidak Pakai Jaket

6 Penyakit Siap Mengintaimu Jika Tidak Pakai Jaket

Motor merupakan kendaraan fleksibel, bisa dipakai saat keadaan santai ataupun saat buru-buru. Apalagi di kota-kota besar, motor bisa menjadi solusi mengatasi/melewati kemacetan yang biasa terjadi di kota-kota besar, contohnya Jakarta.

Tapi bagi pengendara motor, diharuskan memenuhi syarat safety riding yang berlaku, seperti menggunakan perlengkapan untuk berkendara, contohnya sarung tangan, helm SNI, dan jaket. Bagi kamu yang suka berkendara dengan motor tidak menggunakan jaket, kamu harus baca artikel ini, karena 6 penyakit ini siap mengintai kamu yang berkendara tidak menggunakan jaket, terlebih saat malam hari.

1. ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Akut)

Salah satu penyakit tersebut adalah ISPA, gejala yang muncul dari penyakit ini biasanya dari sakit kepala, demam, batuk, flu dan badan pegal-pegal. Tak jarang juga yang mengalami sesak napas dan nyeri dada. Penyakit ini merupakan penyakit yang menular, sebaiknya jika mengalami gejalan seperti di atas ada baiknya konsultasi ke dokter.

2. Paru-paru Basa

Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi dari virus, bakter dan jamur dan penyakit ini paling umum terjadi. Gejala yang dialami telapak tangan dan telapak kaki yang basah, batuk serta sesak napas.

3. Bronkitis

Bronkitis merupakan radang pada saluran bronkial karena terinfeksi. Gejala yang umum sering terjadi, batuk, batuk berdahak yang bisa tercampur dengan darah, napas pendek, dan dada terasa nyeri. 

4. TBC

TBC atau tuberculosis adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan manusia. Gejalanya terdiri dari batuk yang berlangsung selama 2 minggu bahkan bisa lebih, dahak, batuk berdarah, sesak napas, demam atau meriang, berkeringat di malam hari, penurunan berat badan, nafsu makan berkurang, lelah dan lemah. Jika gejala tersebut muncul, segeralah konsultasi ke dokter.

5. Kanker Paru-paru

Ini merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakutkan, mendengar kata kanker pasti sudah membuat kita khawatir. Gejala penyakit ini mungkin tidak terlihat namun tetap waspada karena kanker ini terdeteksi jika sudah memasuki stadium lanjut seperti stadium 3 dan 4.

6. Suhu Tubuh Menurun

Suhu dingin pada malam hari bisa membuat suhu tubuh kita menurun, bahkan bisa saja menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di paru-paru, yang bisa sangat menggangu kesehatan tubuh kita.

So, bagi pengendara motor, tetap gunakanlah perlengkapan motor saat berkendara ya. Dan tetap safety riding. 

Tags: Anak Motor, Bikers, Info Kesehatan, Kesehatan

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 shares