Sebelum ke TPS Baca Ini, 5 Warna Surat Suara di Pemilu 2019

5 Warna Surat Suara di Pemilu 2019 yang Wajib Kamu Tahu

Sebentar lagi tepatnya tanggal 17 April 2019 warga negara yang memiliki hak untuk memilih akan siap menentukan siapa Capres dan Cawapres RI, dan juga anggota Legislatif untuk periode 2019-2024.

Kita tahu bahwa 2019 ini merupakan pemilihan umum secara serentak, mulai dari Pemilihan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dan juga calon wakil rakyat mulai dari DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota.

[ Baca Juga: Sepeda Futuristik Ini di Banderol Hingga Ratusan Juta ]

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu sudah mempersiapkan 5 kertas suara. Agar tidak membingungkan, ke lima kertas suara tersebut dibedakan menjadi 5 warna.

“Pemilihan warna ini dilakukan berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia nomor 1944/PL.02-Ktp/01/KPU/XII/2018 tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos bagi pemilih tunanetra pada Pemilu tahun 2019,” kata Bahtiar, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri), dikutip dari pikiran-rakyat.

(image: RRI)
1.Surat Suara Pilpres

Berwarna abu-abu dengan ukuran 22×31 cm dan jenis kertas yang digunakan HVS 80 gram. Surat suara ini berbentuk persegi panjang, terdiri dari 2 bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam.

2. Surat Suara DPR

Berwarna kuning dengan ukuran 51×82 cm dan jenis kertas yang digunakan adalah HVS 80 gram. Surat suara ini berbentuk persegi panjang vertikal, terdiri dari 2 bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam dan tidak terdapat foto calon anggota DPR.

3. Surat Suara DPD

Berwarna merah dengan jenis kertas HVS 80 gram dan terdapat 9 kategori ukuran. Berbentuk persegi panjang, vertikal/horizontal terdiri dari 2 bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam dan terdapat foto setiap calon anggota DPD.

4. Surat Suara DPRD Provinsi

Berwarna biru dengan ukuran 51×82 cm dan jenis kertas HVS 80 gram. Berbentuk persegi panjang vertikal, terdiri dari 2 bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. Dan tidak terdapat foto calong anggota DPRD Provinsi.

5. Surat Suara DPRD Kabupaten/Kota

Berwarna hijau dengan ukuran 51×82 cm dengan jenis kertas HVS 80 gram. Berbentuk persegi panjang vertikal dengan 2 bagian pada luar dan dalam. Tidak terdapat foto calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Jadi sudah tahukan warna kertas suara nanti, jangan lupa coblos sesuai pilihan kamu-kamu.

sumber: kpu ri

Tags: Berita, KPU, Pemilu 2019, Pilpres 2019

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 shares