5 Cara Agar Otak Tetap Aktif Hingga Usia 80 Tahun

5 Cara Agar Otak Tetap Aktif Hingga Usia 80 Tahun

Otak manusia akan melambat ketika seseorang tersebut mencapai usia 50 tahun lebih. Nah untuk tetap menjaga otak kita tetap berfungsi dengan baik, kita perlu melakukan hal-hal yang berdampak positif bagi kesehatan otak.

[ Baca Juga: Olahraga Bersama Pasangan Ternyata Banyak Manfaatnya, yuk Simak Penjelasannya ]

Nah berikut beberapa cara agar otak tetap aktif hingga usia 80 tahun:

1.Terus Bergerak

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di JAMA Open Network, orang yang berjalan 10ribu langkah setiap harinya pada periode setengah baya akan memiliki otak 2,2 tahun lebih muda dibandingkan dengan otak orang yang jarang berjalan dan berolahraga.

2. Konsumsi sayuran

Menurut sebuah penelitian pada jurnal Nuerology, mengonsumsi satu porsi sayuran berdaun hijau bisa membua otak menjadi 11 tahun lebih muda. Karena kandungan dalam kangkung dan bayam dapat memperkuat materi kelabu dan meningkatkan daya ingat.

3. Tidur yang cukup

Menurut National Institute of Health, tidur paling tidak 8 jam akan meningkatkan produksi hormon yang membantu meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan.

4. Kontrol tekanan darah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan National Institute of Aging, hipertensi pada usia 50 tahun bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental pada tahap selanjutnya.

5. Main teka-teki silang

Bermain teka-teki silang bisa membuat otak 10 tahun lebih muda. Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Geriatric Psychiatry, menjelaskan teka-teki silang dan sudoku bisa meningkatkan keterampilan dalam pemecahan masalah serta membuat otak lebih tajam.

Sumber: HiMedik

Tags: Aktif, Info Kesehatan, Otak, Usia Tua

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares