Blackberry Resmi Resmi Tutup, Sebelumnya Ada 4 Layanan Populer yang Juga Bubar Jalan

4 Layanan Populer yang tutup sebelum Blackberry Messenger

Beberapa tahun yang lalu merupakan tahun berat bagi Blackberry, bagaimana tidak BBM sebutan akrab Blackberry sudah dilupakan oleh pengguna setianya.

Sejak ada smartphone berbasis Android, BBM semakin ditinggalkan dan puncaknya per 31 Mei 2019 resmi ditutup dan dihapus. Pengumuman resmi ini dari akun Twitter BBM.

Tapi sebelum BBM menutup resmi layanan andalannya tersebut sudah ada beberapa layanan serupa yang populer resmi ditutup.

Berikut 4 layanan populer yang telah resmi ditutup:

1.miRC

Pada era tahun 90-an miRC menjadi layanan chatting paling populer di Indonesia bahkan di dunia pada saat itu. Resmi dirilis pada tahun 1995 dan pernah diunduh lebih dari 150 juta. miRC resmi ditutup pada 15 Desember 2017.

2. Friendster

Sebelum adanya Facebook, anak 2000-an pasti pernah punya akun dari Friendster dan menjadi media sosial populer pada masa itu. Tahun 2011, Friendster diubah menjadi situs penyedia layanan games. Namun tetap tidak bisa bertahan dan akhirnya berhenti sejak 14 Juni 2015.

3. Yahoo Messenger (YM!)

Yahoo Messenger merupakan pelopor layanan chatting yang memiliki fitur video call, emoticon, voice note dll sejak tahun 80-an. Namun pada 17 Juli 2018 layanan ini resmi ditutup.

4. Path

Path sempat menjadi primadona karena fitur-fiturnya yang baru dan tak dimiliki oleh layanan serupa. Dengan 15 juta pengguna tapi tidak membuat Path bertahan lebih lama. Karena persaingan, kehilangan karyawan, akhirnya pada 18 Oktober 2018 Path resmi ditutup.

Nah dari 5 layanan diatas kamu pernah pakai yang mana aja nih?

Tags: BBM, Friendster, miRC, Sosial Media, Yahoo Messenger

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares