Ada Banyak Temuan yang Ditemukan Secara Tidak Sengaja

Ketika seseorang memikirkan jalan keluar untuk suatu masalah dengan tidak hanya berfokus pada berbagai kesulitan akibat masalah tersebut, dirinya akan dapat menemukan ide-ide yang bahkan mengubah masalah menjadi manfaat.

Ada banyak temuan yang sesungguhnya tidak direncanakan atau bahkan ditemukan secara tidak sengaja.

Untuk temuan yang tidak direncanakan umumnya karena ada ide dari satu atau lebih orang ketika berupaya untuk mengatasi suatu masalah. Coklat berisi biskuit wafer dengan merk Kit Kat adalah hanya salah satu contohnya.

Nestle, perusahaan yang memproduksi makanan ringan coklat Kit Kat tersebut, selain memproduksi aneka minuman dan permen coklat juga memproduksi biskuit wafer dan dalam proses produksi ada cukup banyak biskuit wafer yang tidak sempurna bentuknya yang tentu tidak dapat dijual.

Ketika memikirkan tentang cara untuk mengurangi cacat dalam produksi biskuit wafer tersebut yang bila dibuang tentunya akan meningkatkan biaya produksi, muncul ide untuk membungkus hasil produksi biskuit wafer yang tidak sempurna tersebut dengan balutan coklat sehingga menjadi produk baru seperti yang kita kenal saat ini yaitu coklat berisi biskuit wafer dengan merk Kit Kat.

Dari contoh tersebut dapat kita lihat bahwa coklat Kit Kat berisi biskuit wafer tersebut adalah hasil pemikiran dari suatu masalah yang memunculkan ide dan ditindaklanjuti dengan menciptakan sesuatu yang baru yang sebelumnya tidak direncanakan.

Dalam mencari jalan keluar atas suatu masalah yang dihadapi, selalulah berpikir bahwa masalah tersebut bisa menjadi manfaat sehingga kita tidak hanya melulu berkutat untuk mencari penyebab masalah untuk dapat mengatasinya.

 

Oleh: Husen Suprawinata
#1-menit iNSPIRASI

Tag:

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 shares