Perumpamaan Tentang Kasih Sayang Orang Tua dan Anak

Sama seperti anak balita yang membutuhkan perhatian orang tua mereka, demikian pula para orang lanjut usia akan membutuhkan perhatian anak-anak mereka.

Ada sebuah cerita tentang tradisi membuang orang tua yang sudah sangat tua dan sakit-sakitan ke hutan. Mereka dibuang agar tidak memberatkan hidup keluarganya dan ada seorang anak muda pada suatu hari menggendong ibunya yang sudah tua dan lumpuh masuk ke dalam hutan lebat dengan maksud untuk meninggalkannya agar dia terbebas dari beban merawat ibunya.

Sang ibu terus menggapai setiap ranting yang bisa diraihnya dan mematahkannya lalu menjatuhkan patahan ranting di sepanjang jalan yang mereka lewati. Sesampai di suatu tempat di tengah hutan, sekalipun dengan berat hati, sang anak mendudukkan ibunya di sebuah pokok pohon, dan diam-diam dia bermaksud meninggalkan ibunya, namun sang ibu tiba-tiba berkata, “ibu sangat menyayangimu sejak kecil bahkan hingga saat ini sehingga sepanjang jalan yang tadi kita lewati, ibu sudah berusaha mematahkan ranting-ranting pohon untuk memberikan tanda agar kamu tidak tersesat dalam usaha menemukan jalan kembali ke rumah.”

Mendengar ucapan sang ibu, sang anak menjadi sedih hatinya dan meminta maaf serta mengurungkan niatnya untuk membuang sang ibu, lalu dia membawa kembali ibunya ke rumah dan tetap merawatnya hingga ibunya menghela nafas terakhir.

Kita semua diajarkan untuk merawat dan menghormati orang tua ketika mereka sudah berusia lanjut yang mungkin saja ada yang menderita sakit berkepanjangan atau bahkan ada yang kembali berperilaku seperti anak-anak balita, dan bila hal ini terjadi seringkali menjadi tantangan yang tidak mudah bagi yang mengalaminya, namun adalah tanggung jawab seorang anak yang telah dirawat dan dibesarkan oleh orang tuanya untuk tetap merawat dan mengasihi orang-tuanya.

Tag:

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 shares