19 Nama yang Dipanggil ke Istana Oleh Presiden Jokowi

19 Nama yang Dipanggil ke Istana Oleh Presiden Jokowi

Sejak dilantik pada hari Mingu (20/10/2019) menjadi Presiden Indonesia periode 2019 hingga 2024, Jokowi langsung keesokan harinya mengundang beberapa orang datang ke Istana.

Setidaknya hingga sore ini, Selasa (22/10/2019) sudah ada 19 orang yang dipanggil ke Istana Negara untuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo. Agenda pertemuan tersebut untuk mencari calon Menteri di Kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

[ Baca Juga: Kalahkan Burj Khalifa, Jeddah Tower Bakal Jadi Gedung Tertinggi di Dunia ]

Dari ke-19 nama tersebut tidak hanya dari golongan parta politik, tapi juga ada yang dari kalangan profesional, pengusaha dan juga dibidang kreatif. Salah satunya mantan CEO Go-Jek, Nadiem Makarim.

Nah berikut ke-19 nama yang di panggil ke Istana hingga sore ini yang dilansir dari Tribunnews.com:

1.Mahfud MD

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menjadi orang yang pertama kali di panggil ke Istana pada Senin (21/10/2019). Mahfud MD bertemu Presiden Jokowi sekitar 1 jam.

Beberapa posisi menteri yang berpotensi dijabat Mahfud MD adalah Menteri Hukum dan HAM, Jaksa Agung dan Menteri Agama.

2. Nadiem Makarim

Mantan CEO Go-Jek ini diundang ke istana untuk bertemu Presiden Jokowi dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam.

Ia pun mengungkapkan bahwa diminta oleh Presiden Jokowi untuk bergabung di kabinet Jokowi jilid II.

Mengutip Tribunnews.com, Nadiem Makarim disebut-sebut bakal menempati posisi Menteri Ekonomi Digital.

3. Wishnutama

Pendiri Net.TV ini datang ke Istanan Negara dan mengaku telah diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri di kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Menurut para pengamat, Wishnutama dianggap pantas menduduki posisi Menteri Pariwisata atau juga Bidang Ekonomi Kreatif.

4. Erick Thohir

Erick Thohir juga turut diundang ke Istana untuk bertemu Presiden Jokowi, ia juga mengaku telah ditunjuk menjadi salah satu menteri di sektor ekonomi pada Kabinet Kerja jilid II.

5. Prabowo Subianto

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga datang ke Istana bersama Edhy Prabowo, Senin (21/10/2019). Usai bertemua Joko Widodo, Prabowo Subianto mengatakan bahwa ia diminta menjadi menteri di bidang pertahanan.

6. Tito Karnavian

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian juga turut diundang ke Istana untuk bertemu Presiden Jokowi, Senin (21/10/2019).

Ditanya oleh wartawan, Tito Karnavian enggan berspekulasi posisi menteri apa. Dan ia menambahkan, bertemu Presiden untuk membicarakan pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

7. Edhy Prabowo

Datang ke Istana ternyata bukan hanya menemani Prabowo Subianto, tapi juga bertemu Presiden Jokowi. Edhy Prabowo disebut-sebut bakal menjadi Menteri Pertanian.

8. Syahrul Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo yang juga mendapat Ketua DPP Nasdem ini juga diundang ke Istana Negara, Selasa (22/10/2019). Namun mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode tersebut belum mengatakan ditawari menteri apa.

9. Juliari P Batubara

Kader pertama dari PDI-P yang diundang ke Istana Negara ini juga diundang ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Namun ia enggan mengatakan akan di menteri apa.

10. Fadjroel Rahman

Komisaris Utama Adhi Karya ini juga diundang ke Istana Kepresidenan hari ini, Selasa (22/10/2019). Pada konferesi press, ia mengatakan sudah ditugaskan sebagai Juru Bicara Presiden.

11. Nico Harjanto

Mantan Staf Khusus Presiden ini datang bersama Fadjroel Rahman dan juga Pratikno. Usai bertemu Presiden Jokowi, ia tidak memberikan keterangan kepada wartawan.

12. Suharso Monoarfa

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga diundang ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Ketika usai bertemu Presiden Jokowi, ia tidak memberikan keterangan lebih lengkap.

13. Pratikno

Menteri Sekretaris Negara periode 2014-2019 di Kabinet Kerja ini kembali diundang bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa (22/10/2019). Apakah masih menduduki posisinya semula sebagai Menteri Sekretaris Negara?

14. Airlangga Hartarto

Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian pada Kabinet Kerja jilid I ini juga diundang ke Istana, Selasa (22/10/2019). Ia mengatakan membahas defisit neraca perdangan, ketika ditanya awak media.

15. Sri Mulyani

Sri Mulyani kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja jilid II.

“Presiden meminta saya menyampaikan ke media, beliau menugaskan saya tetap menjadi Menteri Keuangan,” kata Sri Mulyani di Istana Merdeka, Selasa (22/10/2019) dikutip Kompas.com.

16. Basuki Hadimuljono

Datang pada pukul 11.08 WIB, Basuki Hadimuljono bakal kembali menduduki posisi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tak hanya berdiskusi, Basuki juga menyantap makan siang bersama Presiden Joko Widodo.

17. Agus Gumiwang Kartasasmita

Politikus Parta Golkar tersebut datang pada pukul 09.57 WIB, Selasa (22/10/2019). Ia tidak berkomentar ke awak media, hanya melambaikan tangan ke arah kamera.

18. Siti Nurbaya

Mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kabinet Kerja jilid I juga diundang oleh Presiden. Dari pembahasannya bersama Presiden, tampaknya Siti Nurbaya Bakar bakal kembali menduduki posisi yang sama.

19. Ida Fauziyah

Politikus Partai PKB ini juga diundang ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019). Usai bertemu Presiden, tak banyak yang diutarakan ke awak media.

Dan yang pasti semua nama-nama yang dipanggil ke Istana Merdeka menggunakan kemeja putih. (Berbagai Sumber).

Tags: Kabinet Kerja Jilid II, Menteri, Presiden Jokowi, Terkini

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares