Sekitar 1 Persen Populasi Dunia Alami Vitiligo, Apasih Itu?

1 Persen Populasi Dunia Alami Vitiligo

Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati dan berhenti berfungsi. Padahal, melanin berpengaruh dalam pembentukan warna kulit.

Vitiligo bisa terjadi pada siapa saja, dari ras mana saja. Namun, vitiligo lebih terlihat pada orang-orang berkulit gelap. Hal ini karena kulit yang memudar terlihat lebih cerah, yang akan kontras dengan warna kulit orang tersebut.

[ Baca Juga: Karena Aroma Durian , Ratusan Orang di Evakuasi dari Perpustakaan ]

Secara fisik, vitiligo hanya memengaruhi perubahan warna pada kulit. Vitiligo gak berbahaya, apalagi mengancam nyawa. Namun, vitiligo bisa berpengaruh ke kondisi mental penderitanya.

Yep, karena terlihat ‘berbeda’, acapkali vitiligo bisa membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Stigma itulah yang menurunkan self-esteem penderitanya.

Tanda utama vitiligo ialah hilangnya warna kulit. Biasanya, perubahan warna pertama kali terlihat di area yang terpapar sinar mentari, misalnya tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir.

Gak cuma dideteksi dari kulit, vitiligo juga bisa dilihat dari adanya perubahan warna lapisan dalam bola mata (retina), adanya uban pada rambut, alis, bulu mata hingga janggut, serta area kulit yang terkena vitiligo akan perlahan-lahan menyebar. Menurut laman Medicine Net, orang yang memiliki vitiligo akan lebih cepat beruban dibanding orang lain pada umumnya.

Vitiligo terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin. Lantas, apa pemicunya?

Laman Mayo Clinic menyebut bahwa selain faktor genetik seperti keturunan, vitiligo disebabkan karena gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan melanosit di kulit. Pemicu lainnya adalah stres, terbakar sinar matahari (sunburn) dan paparan bahan kimia industri.

sumber: idntimes

Tags: Info Kesehatan, Kulit, Populasi, Vitiligo

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 shares